Makanan Manis Bisa Bikin Bad Mood

kue-manis-doktersehat
Photo Source: Flickr/jonathanmcintosh

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan makanan manis? Banyak orang yang menjadikan makanan manis seperti cokelat, kue, atau biskuit sebagai makanan untuk membuat suasana hati lebih tenang dan nyaman. Bahkan, ada yang menjadikannya sebagai makanan penambah semangat. Masalahnya adalah pakar kesehatan justru menyebut makanan manis yang tinggi gula justru bisa membuat suasana hati memburuk. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Makanan manis memiliki kandungan gula yang tinggi. Banyaknya asupan gula yang masuk ke dalam tubuh akan membuat tubuh langsung mengeluarkan hormon insulin untuk memproses gula tersebut. Selain hormon insulin, tubuh juga akan melepas adrenalin yang bisa mempengaruhi tekanan dan denyut jantung. Hanya saja, hormon ini juga akan membuat kita berada dalam kondisi seperti saat menghadapi bahaya sehingga tubuh pun menjadi lebih gelisah dan mudah cemas.

Makanan tinggi gula memang bisa memberikan sensasi puas, namun hal ini juga akan memicu ketagihan sehingga membuat kita seperti ingin terus memakannya lebih banyak. Jika sampai kita sudah ketagihan, maka tidak mengonsumsinya bisa membuat kita mengalami gejala sakit kepala atau gangguan suasana hati karena otak tidak mendapatkan asupan makanan yang memuaskan.

Lantas, apakah hal ini berarti kita sebaiknya tidak lagi mengonsumsi makanan manis?

Pakakar kesehatan Alan Aragon menyebutkan bahwa tubuh kita masih membutuhkan gula. Sistem pencernaan juga sudah diolah sedemikian rupa agar bisa mencerna gula. Asalkan kita tidak mengonsumsi makanan manis ini dengan berlebihan, maka risiko untuk mengalami gangguan suasana hati atau sakit kepala tidak akan mudah meningkat.

Sebenarnya, di dalam makanan sehat seperti buah-buahan, susu, dan sayuran juga memiliki kandungan gula alami sehingga tanpa kita sadari, kita juga sebenarnya mengonsumsi gula. Hanya saja, gula alami ini memang jauh lebih sehat dibandingkan dengan gula tambahan yang ada di dalam makanan manis seperti kue. Selain itu, makaann-makanan ini juga kaya akan serat, vitamin, protein, dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.

Demi mencegah gangguan suasana hati, pastikan untuk membatasi asupan makanan dan minuman manis setiap hari. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi konsumsi gula maksimal 50 gram atau sekitar empat sendok makan saja.