Terbit: 21 Juli 2018 | Diperbarui: 5 Agustus 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa karena dikhawatirkan telah mengalami penurunan kualitas atau sudah terpapar jamur yang bisa membahayakan kesehatan.

doktersehat-makanan-kaleng-berpengawet

Hanya saja, Men’s Health menyebutkan bahwa ada beberapa makanan yang sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi jika sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Makanan pertama yang aman untuk dikonsumsi meski baru saja melewati tanggal kedaluwarsa adalah makanan kalengan. Menurut Alan Aragon, M.S., asalkan makanan kalengan ini disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, maka kita masih bisa mengonsumsinya meski sudah melewati tanggal kedaluwarsa.

Hanya saja, kita tentu tetap harus mengecek aroma atau penampilan makanan ini. Jika sampai sudah berbau atau terlihat mengalami perubahan warna, makanan ini sebaiknya tidak dikonsumsi.

Makanan lain yang masih bisa kita konsumsi meskipun sudah melewati tanggal kedaluwarsa adalah sereal, pasta, atau kukis. Hanya saja, jika saat kita buka sudah berbau, ada baiknya makanan ini tidak dikonsumsi karena ada kemungkinan kemasannya sudah rusak sehingga sudah mengalami perubahan kualitas.

Sayuran atau buah-buahan beku sepertinya juga bisa tetap dikonsumsi meski sudah melewati tanggal kedaluwarsa. Hanya saja, sebagaimana makanan-makanan lainnya, selalu cek apakah bau atau rupa dari makanan ini sudah berubah atau tidak. Jika iya, ada kemungkinan makanan ini sudah basi dan tidak layak dikonsumsi.

Ingat, makanan-makanan ini masih bisa dikonsumsi jika baru sebentar melewati tanggal kedaluwarsa. Jika sudah jauh melewati tanggal tersebut, ada baiknya kita tidak mengambil risiko dan segera membuangnya saja demi menjaga kesehatan tubuh.



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi