7 Makanan yang Akan Membantu Anda Buang Air Besar

makanan-lancarkan-BAB-doktersehat

DokterSehat.Com – Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan yang banyak dialami oleh masyarakat. Bahkan, sembelit bisa menyebabkan masalah-masalah serius yang tidak nyaman untuk tubuh. Oleh karena itu kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki komponen untuk membantu pencernaan.

Nah, kalau Anda tidak ingin mengalami gangguan BAB setiap hari, sebisa mungkin untuk mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini secara rutin. Anda bisa mengonsumsi semuanya atau beberapa saja yang mudah dicari dan diolah.

Efek samping gangguan BAB

Melancarkan BAB adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agak efek sembelit di bawah ini tidak Anda alami.

  • Rasa sakit di perut yang sangat mengganggu. Rasa sakit ini menyebabkan seseorang tidak nyaman melakukan apa pun. Saat makan pun perut terasa sangat penuh dan keras meski tidak mengonsumsi banyak makanan.
  • Nyeri di anus yang cukup kuat. Nyeri ini terjadi karena Anda sering mengejan dan kotoran tidak kunjung keluar. Selain itu, Anda yang sering duduk juga bisa mengalami masalah ini lebih parah lagi.
  • Wasir juga akan terjadi kalau seseorang mengalami sembelit. Saat mengejan terlalu kuat, otot dan pembuluh darah di anus akan terus tertekan. Kalau kondisi ini terus dibiarkan pembuluh darah bisa pecah dan muncul perdarahan. Selain itu, feses yang keras juga menyebabkan luka yang cukup serius.
  • Keracunan dan berbahaya untuk tubuh. Feses adalah kotoran yang harus segera dikeluarkan agar tubuh tidak terus menyerap sari-sarinya. Kalau feses terus berada di dalam usus, keracunan mungkin terjadi pada tubuh.
  • Inkontinensia pada anus yang menyebabkan ototnya tidak bisa berjalan dengan baik. Inkontinensia ini menyebabkan anus kadang terbuka sendiri tanpa kontrol yang baik dan feses keluar tanpa sebab. Sebaliknya saat diinginkan, anus justru tidak bekerja dengan baik dan feses tetap tersimpan di dalamnya.
  • Efek lain dari menyimpan kotoran dan racun di dalam usus besar yang berlebihan adalah rasa lelah yang berlebihan. Rasa lelah ini menyebabkan gangguan pada tubuh seperti penurunan daya ingat hingga hilangnya produktivitas saat bekerja.

Makanan terbaik untuk melancarkan BAB

Salah satu cara terbaik untuk melancarkan BAB adalah dengan mengatur apa yang kita makan. Misal mengonsumsi beberapa makanan terbaik di bawah ini.

  1. Kiwi

Kiwi mengandung cukup banyak serat dari buahnya yang tidak terlalu besar. Dari kiwi kita juga bisa mendapatkan pergerakan saluran pencernaan yang baik. Saluran pencernaan yang baik akan membuat Anda mudah melakukan BAB secara reguler khususnya pagi hari atau sore hari.

Selain melancarkan buang air besar. Buah kiwi juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Rasanya yang asam mengandung banyak vitamin C dan komponen antioksidan lainnya. Tambahkan kiwi pada jus atau salad yang biasanya Anda makan untuk makan siang.

  1. Apel

Apel memiliki dua fungsi untuk kesehatan pencernaan. Pertama, kandungan seratnya yang kaya bisa digunakan untuk memadatkan kotoran di dalam usus. Selanjutnya waktu yang digunakan untuk menyimpan kotoran di dalam usus juga tidak lama sehingga peluang tubuh menyerap racun akan rendah.

Fungsi kedua dari buah apel untuk pencernaan adalah meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Bakteri baik akan membantu pembusukan sisa pencernaan sehingga feses mudah dikeluarkan.

  1. Kacang polong

Kacang polong memberikan manfaat pada pencernaan berupa penambahan serat di feses. Penambahan ini membuat feses menjadi lebih padat dari sebelumnya. Selain itu, feses juga dibuat lebih lunak dan memudahkan kotoran keluar dari usus.

Kacang polong bisa dikonsumsi dalam bentuk sup atau dihancurkan menjadi puree. Anda bisa membuat variasi makanan sendiri dengan manfaat kacang polong segar.

  1. Flaxseed

Flaxseed adalah biji-bijian yang mengandung banyak sekali serat. Dalam 10 gram flaxsedd atau satu sendok makan terdapat 3 gram serat yang mampu melancarkan pencernaan, membantu pemadatan feses, dan mencegah munculnya sembelit dan diare.

Cara terbaik untuk mengonsumsi falaxseed adalah dimakan langsung. Anda bisa menjadikan biji ini sebagai taburan di atas jus atau smoothies yang akan dikonsumsi.

  1. Buah tin

Buah tin memberikan serat yang tinggi saat dikonsumsi dalam bentuk segar atau kering. Mengonsumsi buah tin secara rutin bisa memperlancar buang air besar secara rutin dan juga melindungi saluran pencernaan.

Anda bisa mengonsumsi tin secara langsung dalam kondisi segar. Kalau ingin mengolahnya menjadi makanan, ada baiknya untuk tidak terlalu banyak menambahkan gula atau sirop yang terlalu manis karena bisa mengganggu fungsi.

  1. Kefir

Kefir mengandung banyak probiotik yang baik sekali untuk kesehatan pencernaan khususnya usus. Susu fermentasi ini juga menambahkan konsistensi feses agar tidak terlalu keras dan lembek.

Kefir biasanya dikonsumsi dalam bentuk olahan dengan dicampur rempah. Selain itu, kefir juga bisa dicampur dengan buah-buahan.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar baik sekali untuk pengganti karbohidrat dalam diet harian. Selain mengandung komponen karbohidrat kompleks, umbi ini juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat bermanfaat untuk melancarkan BAB dan juga mencegah perut jadi membesar dan keras.

Kalau Anda ingin mendapatkan manfaat dari ubi jalar, olah dengan benar. Anda bisa merebusnya langsung dan dimakan setelah dingin. Kalau ingin memberikan ubi pada balita ada baiknya menghancurkannya dahulu agar mudah dikunyah dan ditelan.

Demikianlah beberapa ulasan tentang efek samping gangguan BAB dan makanan untuk melancarkannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk kita semua yang ingin mendapatkan pencernaan yang lancar sejak dari awal hingga pembuangannya.