Sering Alergi? Konsumsi 3 Makanan Ini Untuk Mengurangi Gejalanya!

doktersehat-manfaat-daun-anggur
Photo Credit: Pexels.com/Luiz M. Santos

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengalami alergi? Alergi memang kerap terjadi pada banyak orang, mengingat ada cukup banyak pemicu dan reaksi alergi.

Misalnya saja alergi pada cuaca, serbuk bunga, dan yang cukup umum terjadi adalah alergi pada makanan.

Terjadinya alergi juga tentu akan memberikan efek berupa munculnya reaksi yang berbeda-beda berdasarkan jenis alerginya.

Seperti munculnya ruam, rasa gatal, bersin-bersin, badan mengigil, hingga sesak napas. Kondisi ini tentu harus segera mendapatkan penanganan agar reaksi alergi tidak semakin bertambah tingkat keparahahnnya.

doktersehat-alergiUntuk mengatasi reaksi alergi, hal yang sangat umum dilakukan adalah mengobati melalui obat, baik via oral maupun pemberian luar misalnya obat hirup untuk pernapasan atau obat oles pada kulit.

Penanganan menggunakan hal medis merupakan penanganan yang tepat karena mampu mengurangi reaksi alergi dengan cepat.

Akan tetapi, siapa sangka bahwa asupan makanan yang tepat juga bisa memberikan manfaat untuk mengurangi gejala alergi, lho.

Ya, ternyata asupan beberapa jenis bahan makanan yang tepat mampu mengurangi atau mencegah terjadinya reaksi atau gejala alergi.

Hal ini tentu sangat bermanfaat mengingat makanan merupakan asupan yang bisa kita konsumsi sehari-hari, sehingga manfaat yang kita rasakan untuk tubuh juga tentu lebih optimal.

Lantas, apa saja bahan makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi reaksi atau gejala alergi?

Beberapa pilihan bahan makanan yang bisa kita pilih untuk mengurangi gejala alergi adalah makanan yang mengandung kandungan zat yang mampu meningkatkan imunitas dan dan antinflamasi.

makanan-penurun-asam-urat-doktersehatKedua zat gizi tersebut mampu memberikan manfaat berupa pencegahan risiko terjadinya alergi, dengan kandungan zat pendukung imunitas yang kuat dan akan mengurangi reaksi akibat gejala alergi karena adanya kandungan zat anti inflamasi.

Bahan makanan yang mampu memberikan kedua zat tersebut bisa dengan mudah kita peroleh dari bahan makanan sehari-hari.

Bahan makanan sehari-hari, utamanya dalam bentuk segar, akan memberikan asupan zat yang bisa lebih mudah diserap tubuh sehingga manfaatnya akan lebih maksimal.

Beberapa bahan makanan yang bisa kita pilih, adalah:

1. Ikan, utamanya ikan salmon dan ikan tuna

Ikan merupakan bahan makanan yang mengandung omega 3. Zat omega 3 yang sudah terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan jantung ini ternyata mampu memberikan manfaat berupa zat antiinflamasi yang efektif untuk mengurangi reaksi dan gejala akibat alergi.

doktersehat-salmon
photo credit : pexels.com

Anda bisa mendapatkan manfaat asupan omega 3 dari ikan yang optimal jika memilih ikan yang berasal dari laut yang mengandung banyak zat omega 3, diantaranya adalah ikan jenis salmon dan tuna.

Anda bisa mengonsumsi ikan jenis salmon dalam frekuensi yang cukup sering yaitu hingga 3-4 porsi dalam sehari.

2. Buah apel, jeruk dan atau tomat

Ketiga jenis buah yang berwarna merah dan oranye di atas merupakan jenis buah yang mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi.

buah-program-hamil-doktersehat-1
Designed by Freepik

Kedua zat gizi tersebut merupakan zat gizi yang mampu memberikan manfaat berupa peningkatan terhadap kekebalan atau imunitas tubuh. Manfaat tersebut tentu akan penting untuk pencegahan terhadap terjadinya reaksi alergi.

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa asupan vitamin C mampu mengurangi reaksi akibat penyakit atau gejala yang muncul pada pernapasan.

3. Anggur merah

Anggur merah merupakan buah yang super ampuh untuk mengurangi reaksi akibat alergi. Kandungan antioksidan jenis resveratrol adalah antioksidan penting yang mendukung imunitas tubuh yang optimal.

anggur-merah-doktersehat

Kondisi ini tentu membuat konsumsi anggur merah bisa jadi pertahanan yang kuat bagi tubuh untuk mengurangi terjadinya alergi hingga menekan terjadinya gejala atau reaksi yang muncul, bukan?