Terbit: 24 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Aktivitas yang tetap padat selama berpuasa tentu menjadi tantangan sendiri untuk tubuh agar tetap berkonsentrasi selama bekerja, atau mungkin belajar.

Sulit Konsentrasi saat Puasa? Makanan Ini Buat Tetap Konsentrasi Seharian!

Hal ini umumnya memang sulit dilakukan, namun jangan salah, pilihan makanan yang tepat bisa membuat tubuh tetap penuh konsentrasi meskipun sedang berpuasa, lho.

Ya, makanan yang kaya akan zat gizi tertentu ternyata bisa memberikan suplai nutrisi untuk otak dan tubuh sehingga akan mendorong tubuh kita tetap berkonsentrasi penuh selama menjalankan aktivitas saat puasa.

Uwe Grober, pakar kesehatan mikronutrien dari Jerman menyebutkan bahwa beberapa zat gizi yang telah terbukti mampu mendukung konsentrasi pada tubuh, antara lain:

1. Zat besi

Zat besi sangat erat kaitannya dengan asupan oksigen dan nutrisi dalam tubuh. Kekurangan zat besi berarti kekurangan asupan oksigen dan zat gizi pula pada tubuh dan otak.

Hal inilah yang menyebabkan zat besi menjadi salah satu zat gizi dasar yang harus dipenuhi oleh tubuh agar nutrisi otak dapat tetap terpenuhi.

2. Mineral iodium, magnesium dan zink

Mineral iodium penting untuk perkembangan saraf otak yang mendukung terbentuknya fungsi dan konsentrasi otak maksimal. Sedangkan mineral magnesium dan zink penting dalam pengembangan dan pembentukan sel baru dalam tubuh untuk mendukung fungsi konsentrasi otak.

3. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks dikenal akan manfaatnya bagi sistem saraf, termasuk otak. Hal inilah yang menyebabkan vitamin B kompleks menjadi penting dalam mendukung konsentrasi otak selama berpuasa.

4. Asam lemak omega 3

Setiap mendengar kata omega 3 tentu kita mengingat fungsinya yang luar biasa untuk otak ya. Kita memang bisa memanfaatkan omega 3 ini untuk mendukung konsentrasi otak dalam beraktivitas selama puasa.

Empat zat gizi di atas merupakan zat gizi vital yang harus kita penuhi kebutuhannya selama puasa, agar konsentrasi tubuh kita tetap maksimal.

Untuk itu, yuk ketahui makanan apa saja sih yang merupakan sumber dari keempat zat gizi yang telah disebutkan di atas.

Bahan makanan yang sebaiknya kita konsumsi agar tubuh selalu berkonsentrasi saat berpuasa, adalah:

1. Ikan

Anda tentu sering ya mendengar bahwa kita harus sering makan ikan. Ya, hal ini ternyata juga sangat dianjurkan agar konsentrasi tubuh tetap maksimal selama puasa.

Usahakan pilih ikan sebagai lauk makan berbuka atau sahur minimal 3 porsi dalam seminggu ya. Ikan merupakan sumber omega 3 dan iodium yang sangat baik untuk konsentrasi otak.

Selain itu ikan juga merupakan sumber vitamin B yang cukup lengkap, yaitu vitamin B6 dan B12 yang cukup vital untuk konsentrasi otak.

2. Pilih sumber karbohidrat dari whole grain atau sayur berkarbohidrat

Roti gandum atau oat bisa Anda jadikan pilihan untuk mendukung terpenuhinya konsentrasi tubuh yang maksimal.

Selain itu sayur dengan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu kentang atau jagung bisa Anda pilih sebagai makanan berkarbohidrat untuk menu berbuka atau sahur Anda. Bahan makanan tersebut merupakan sumber magnesium dan vitamin B kompleks.

3. Kacang-kacangan

Kacangan-kacangan merupakan sumber zat besi dan vitamin B kompleks yang sangat baik untuk mendukung konsentrasi penuh untuk beraktivitas selama puasa.

Jenis kacang-kacangan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kacang kedelai, kacang hijau atau kacang edamame. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan sebagai camilan setelah salat tarawih atau satu-dua jam sebelum makan utama sahur, ya.

Camilan kacang-kacangan ini tidak hanya akan meningkatkan konsentrasi untuk beraktivitas namun juga merupakan camilan sehat karena kaya akan kandungan serat dan protein nabati.

Nah, kini setelah mengonsumsi tiga bahan makanan di atas, konsentrasi Anda untuk bekerja atau belajar akan selalu penuh sejak awal puasa hingga menjelang berbuka, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi