Terbit: 17 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Perayaan hari kemerdekaan Indonesia, tidak hanya dimeriahkan oleh berbagai lomba-lomba saat 17-an saja. Salah satu hal yang juga menjadi cukup khas di berbagai perayaan atau acara syukuran saat hari kemerdekaan, adalah makanan.

4 Makanan Khas Perayaan 17 Agustus yang Super Sehat!

Biasanya, ada berbagai jenis makanan khas dari tiap-tiap daerah yang disajikan saat acara perayaan 17 Agustus.

Nah, kira-kira, dari berbagai jenis sajian menu makanan khas 17 Agustus, apa saja sih sajian menu makanan yang sehat? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Pilihan menu makanan perayaan 17 Agustus yang super sehat

Berikut beberapa makanan khas 17 Agustus yang disajikan dengan komposisi dan cara penyajian yang sehat:

1. Tumpeng nasi dengan sayuran dan lauk pauk

Photo Credit: Flickr.com /Edsel Little

Sebagian besar daerah di Indonesia tentu menyajikan tumpeng sebagai menu makanan saat perayaan syukuran 17 Agustus.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Tumpeng nasi, baik nasi putih maupun nasi kuning, merupakan sajian yang super sehat. Hal ini disebabkan sajian menu tumpeng merupakan sajian yang bergizi seimbang.

Selain nasi sebagai komposisi menu utama, tumpeng selalu disajikan dengan berbagai lauk khas yang terdiri dari lauk protein hewani, nabati, serta sayuran yang diolah dengan banyak bumbu rempah-rempah.

Hal ini tentu akan secara otomatis membuat konsumsi menu satu kali makan bergizi seimbang, yaitu terdiri dari karbohidrat kompleks, protein hewani maupun nabati, serta vitamin, mineral dan fitonutrien dari sayur serta bumbu rempah pada aneka masakan tumpeng.

Tips agar sajian tumpeng lebih sehat:

  • Hindari membuat tumpeng nasi kuning dengan pewarna buatan, atau nasi uduk dengan tambahan terlalu banyak santan kental.
  • Tumpeng merah putih, yang terbuat dari kombinasi nasi merah dan nasi putih bisa jadi variasi yang sehat dan cukup menarik.
  • Pilih metode masak lauk tumpeng yang rendah lemak, misalnya ayam panggang, atau tempe bakar. Hindari lauk yang digoreng tepung atau di santan.

2. Bubur merah putih dengan susu nabati

Photo Credit: Flickr.com/ Sasha Farina

Photo Credit: Flickr.com/ Sasha Farina

Salah satu sajian khas Indonesia untuk berbagai acara syukuran adalah bubur. Variasi jenis bubur yang khas untuk perayaan 17 Agustus tentu saja bubur merah putih.

Sajian tradisional ini juga super sehat karena terbuat dari tepung ketan yang memiliki kandungan vitamin, mineral dan fitonutrien yang baik untuk tubuh.

Tips sehat:

  • Sajikan bubur merah putih dengan susu nabati, misalnya susu almond, susu kedelai, atau santan encer agar asupan lemak tidak berlebihan.
  • Batasi penggunaan pemanis pada satu saji bubur, paling banyak 1-1 ½ sendok makan gula cair.

3. Ayam bumbu rempah alami

Photo Credit: Flickr.com/ Alpha

Lauk ayam juga menjadi cukup populer dalam sajian makanan saat perayaan 17 Agustus.

Biasanya, sajian ayam ini diberi bumbu alami khas berbagai daerah di Indonesia. Misalnya saja ayam bakar bumbu merah, bumbu serai, atau bumbu kuning.

Hal ini tentu super sehat, karena ayam yang tinggi protein disajikan dengan berbagai bumbu rempah khas Indonesia, yang tinggi fitonutrien.

Tips sehat:

  • Hindari menyajikan ayam dengan bumbu santan kental atau goreng tepung.
  • Gunakan bumbu alami dari rempah atau daun-daunan, batasi penggunaan garam, kecap atau bumbu kemasan.

4. Jajanan tradisional tanpa banyak gula, minyak atau santan

doktersehat-jajanan-puasaBerbagai jajanan tradisional, misalnya putu mayang, nagasari, klepon, atau jajanan khas tradisonal khas Indonesia lainnya. Merupakan makanan yang juga sering disajikan saat perayaan 17-an.

Sajian jajanan tadisional yang sehat adalah yang tidak menggunakan banyak santan, gula atau minyak dalam pembuatan atau pengolahannya.

Sajian jajanan seperti kue lapis, nagasari, klepon, atau serabi, bisa jadi pilihan jajanan tradisional khas Indonesia yang super sehat dan nikmat, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi