Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar ya bahwa orang dengan keturunan diabetes memiliki risiko diabetes lebih besar. Namun hal ini bukan menjadi satu-satunya penyebab terjadinya diabetes pada orang dengan riwayat keluarga diabetes lho. Makanan juga memiliki andil pada terjadinya diabetes tipe satu.

Pilihan Makanan Sehat Bagi Keturunan Diabetes

Untuk itu, orang dengan keturunan diabetes harus melakukan pemilihan bahan makanan yang tepat sejak dini, hal ini untuk mencegah terjadinya keparahan diabetes. Beberapa pilihan makanan yang dianjurkan adalah:

Makanan yang baik dikonsumsi

1. Sumber karbohirat kompleks

Keturunan diabetes dianjurkan mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk nasi, roti gandum atau biji-bijian yang memiliki kandungan serat lebih banyak. Hal ini berbeda dengan karbohidrat sederhana yang ada pada gula atau sirup yang akan meningkatkan kadar gula darah tubuh dengan cepat.

2. Sumber serat dari buah, sayur dan kacang

Buah dan sayur adalah makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Pilih buah yang rendah kandungan gula misalnya apel atau pepaya. Sebagian besar kacang baik dikonsumsi namun dengan pengolahan yang juga rendah gula ya.

3. Gunakan lemak nabati

Lemak yang paling baik digunakan keturunan diabetes adalah lemak zaitun, minyak sayur atau minyak dari biji-bijian misalnya minyak biji bunga matahari.

Sedangkan, makanan yang harus dihindari adalah:

1. Tidak memilih makanan sumber karbohidrat sederhana

Seperti yang kita ketahui, pada penderita atau keturunan diabetes makanan manis yang mudah serap seperti permen, sirup, minuman bersoda tidak dianjurkan dikonsumsi sama sekali.

2. Batasi makanan tinggi garam

Camilan kemasan, bumbu kemasan, tepung bumbu kemasan, daging olahan misalnya sosis atau kornet memiliki kandungan garam natrium yang tinggi. Konsumsinya yang berlebihan secara terus menerus akan menyebabkan kadar gula darah tubuh terpengaruh.

3. Hindari makanan tinggi lemak jenuh

Hindari konsumsi protein hewani yang memiliki banyak lemak, misalnya daging unggas dengan kulit atau bagian daging sapi dengan banyak lemak atau gajih, ya.

Dengan membiasakan memilih makanan yang tepat, maka keturunan diabetes bisa lebih mengontrol kadar gula darah tubuh sehingga kesehatan tubuh akan semakin berkualitas, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi