Berbuka dengan Makanan Kekinian, Sehatkah?

Makanan-kekinian-doktersehat1
Photo Credit: Instagram/tot.aw & Instagram/kulineran_yk

DokterSehat.Com– Seberapa sering Anda membeli camilan yang sedang hits atau makanan yang sedang kekinian? Tentu masih segar di ingatan akan dua jenis makanan yang sedang viral belakangan ini, yaitu es kepal susu dan donat goreng mi instan. Nah, kira-kira, sehatkah jika kita memilih makanan dan minuman tersebut sebagai menu berbuka puasa?

Sebelum memutuskan apakah Anda akan mengonsumsi makanan yang sedang hits tersebut sebagai menu berbuka puasa, pastikan dua hal penting yang harus diperhatikan, yaitu apa saja kandungan gizi pada makanan tersebut dan cocok atau tidaknya digunakan sebagai menu buka puasa atau takjil.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bahasan di bawah ini!

Menyesuaikan kandungan gizi pada makanan kekinian dengan kebutuhan tubuh saat berbuka

Hal pertama yang penting dilakukan adalah mengetahui apa saja kandungan gizi yang ada pada jajanan dan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh saat berbuka puasa.

Seperti yang kita tahu, pencernaan dan metabolisme tubuh selama puasa perlu diperlakukan berbeda.

Hal ini disebabkan kondisi pencernaan yang masih kosong setelah seharian berpuasa serta waktu makan yang terbatas selama satu bulan berpuasa, membuat asupan makan saat baru berbuka menjadi penting diperhatikan.

Asupan gula dari buah saat awal berbuka

Asupan yang dibutuhkan saat baru berbuka berasal dari makanan manis, utamanya dari bahan makanan segar seperti buah atau kurma.

Gula yang ada pada buah cenderung lebih mudah diserap tubuh tanpa harus meningkatkan kadar gula darah, zat gizi selanjutnya yang diperlukan adalah asupan vitamin dan mineral yang juga ada pada buah.

Suhu makanan saat berbuka

Selain itu pada saat berbuka puasa, tubuh yang membutuhkan asupan gizi yang mudah diserap agar dapat segera menggantikan energi yang hilang.

Makanan atau minuman yang suhunya dingin atau panas, merupakan makanan yang cenderung lambat diserap gizinya oleh tubuh karena tubuh menjadi harus menyesuaikan suhu makanan tersebut dengan suhu tubuh yang berarti memperberat kerja metabolisme tubuh.

Untuk itu, penting bagi kita memerhatikan dua hal di atas dalam memilih makanan kekinian untuk berbuka puasa.

Lalu, apakah diperbolehkan berbuka dengan es kepal susu atau donat goreng mie instan?

Berbuka dengan makanan kekinian yang belakangan ini sedang viral tentu sangat boleh dilakukan, namun tetap perhatikan dua poin di atas dengan melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Berbuka dengan es kepal susu

Seperti yang sudah disebutkan, salah satu asupan gizi yang dibutuhkan saat berbuka adalah gula dari buah. Untuk itu jika Anda memilih es kepal untuk berbuka, pilih atau buatlah es kepal dengan topping potongan buah ya.

Photo Credit: instagram.com/kulineran_yk

Selain itu, usahakan mengonsumsi topping buah dengan sedikit susu cokelat kental yang ada di atas es terlebih dahulu. Hindari langsung mengonsumsi serutan es saat awal berbuka karena akan menghambat penyerapan gula, vitamin dan mineral pada buah serta protein yang ada pada susu.

Jika Anda ingin menikmati sensasi dinginnya es serut tersebut, maka konsumsilah setelah selesai makan utama saja, ya.

2. Berbuka dengan donat goreng mi instan

Perlu diketahui, donat goreng mie instan adalah makanan yang kandungan karbohidrat kompleks, lambat cernanya, sangat tinggi. Sehingga jajanan yang sedang viral ini kurang tepat jika dikonsumsi sebagai makanan saat baru berbuka atau takjil.

doktersehat-donat-goreng-mi-instan
Photo Credit: Instagram/tot.aw

Akan tetapi, Anda bisa tetap mengonsumsi donat goreng mie instan sebagai pengganti nasi pada makanan utama saat berbuka puasa. Agar tetap sehat dan bergizi seimbang, pastikan untuk selalu mengonsumsi donat goreng mie instan lengkap dengan golongan makanan sehat lainnya yaitu protein serta sayuran, ya.