Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dalam membentuk otot tubuh, seseorang tidak hanya dituntut untuk melakukan gerakan atau latihan beban saja, melainkan juga harus memperhatikan faktor lainnya yang bisa mendukung proses pembentukan otot tersebut. Adapun faktor tersebut mulai dari pola tidur dan pola makan. Namun, yang paling penting adalah pola makan sebab bagaimanapun juga, tubuh memerlukan nutrisi yang tepat agar massa otot cepat terbentuk.

4 Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Melakukan Fitnes

Nutrisi penting yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku fitnes adalah protein. Sebab, nantinya protein tersebut akan dipecah dan memenuhi seluruh massa otot sehingga pembentukan menjadi lebih mudah. Pasalnya, jika tubuh kekurangan protein, maka sekuat dan sekeras apapun latihannya, tak akan ada hasil yang berarti.

Untuk itu, berikut adalah 5 jenis makanan kaya protein yang disarankan dalam melakukan fitnes.

1. Telur

Telur bisa dikatakan sebagai menu utama yang harus dikonsumsi saat melakukan fitnes. Sebab, dalam satu butir telur terdapat sekira 7 gram protein. Maka tak heran, jika banyak pelaku fitnes yang bisa mengonsumsi hingga beberapa telur setiap hari. Namun, jika Anda takut kolesterol, Anda bisa mengonsumsi bagian putihnya saja.

2. Daging Ayam

Selain telur, daging ayam adalah makanan yang kaya akan protein. Protein yang dimiliki oleh ayam, khususnya bagian dada diklaim memiliki tingkat protein mencapai 30 gram. Untuk itu, perbanyak konsumsi daging ayam untuk membentuk massa otot pada tubuh Anda.

3. Ikan Tuna

Jenis ikan yang satu ini memang sangat terkenal akan manfaatnya. Selain kaya akan omega 3, ikan tuna juga sangat tinggi protein yang baik bagi pertumbuhan otot Anda. Bahkan, jumlah protein yang dimiliki juga cukup besar, yakni mencapai 40 gram per setiap kalengnya.

4. Susu Murni

Untuk minumannya, Anda perlu memperbanyak konsumsi susu murni. Sebab, susu murni sangat kaya akan gizi, kalsium, dan protein. Selain bisa mensuplai massa otot, susu murni juga akan memberikan kekuatan tulang yang bisa mencegah terjadinya cedera saat Anda melakukan latihan beban.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi