Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sarapan adalah salah satu waktu makan yang paling penting bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi sarapan, kita bisa mendapatkan energi untuk beraktivitas setiap hari dan menjaga berat badan tetap ideal. Sayangnya, karena keterbatasan waktu untuk memasak atau makan, kita seringkali sembarangan dalam mengonsumsi makanan.

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Untuk Sarapan Pagi

Dilansir dari Men’s Health, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan ini saat sarapan pagi.

  1. Sereal

Cukup banyak orang tua yang menyediakan sereal sebagai menu sarapan bagi buah hatinya. Sayangnya, kebanyakan sereal memiliki kandungan gula yang tinggi dan rendah serat serta protein. Kerap mengonsumsinya tentu akan membuat tubuh rentan mengalami kenaikan berat badan.

  1. Sandwich berisi daging beku

Sandwich yang berisi telur dan keju memang bisa dianggap sebagai sarapan sehat. Namun, jika kita menambahkan daging beku pada sandwich tersebut, maka kita pun akan mengonsumsi nutrisi seperti sodium dan lemak yang tidak sehat.

  1. Jus kemasan atau yang dibeli di pinggir jalan

Meskipun jus dibuat dari bahan sayur atau buah yang sehat, kebanyakan jus yang kita beli baik itu di swalayan atau di penjaja jus pinggir jalan memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi jus yang dibuat sendiri yang tidak ditambahi gula. Selain itu, konsumsi bahan makanan lain seperti gandum utuh, yoghurt, atau telur agar bisa menjadi lebih sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Roti panggang dengan mentega

Roti yang dipanggang dengan mentega memang memiliki rasa yang enak. Sayangnya, di dalam mentega ini biasanya memiliki kandungan lemak trans yang bisa memicu masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, diabetes, atau penyakit jantung.

  1. Kopi

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa kopi adalah minuman yang sangat baik bagi kesehatan. Hanya saja, ada baiknya kita tidak mengonsumsinya saat pagi hari karena bisa membuat kita ketergantungan pada minuman tersebut hanya demi menghilangkan kantuk di pagi-pagi berikutnya. Selain itu, kopi juga disebut-sebut akan merusak selera makan sehingga kita pun tidak benar-benar mengonsumsi sarapan yang bergizi.

Jangan lupa selalu pastikan mengonsumsi sarapan dengan nutrisi yang cukup dan seimbang ya


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi