Terbit: 6 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang kita makan bisa mempengaruhi kondisi kesehatan kita. Hanya saja, banyak orang yang masih tidak tahu jika makanan tertentu ternyata bisa menyebabkan datangnya pusing atau sakit kepala. Yang menjadi masalah adalah, makanan-makanan ini cenderung sering kita konsumsi. Apa sajakah makanan tersebut?

Sering Kita Konsumsi, Makanan Ini Bisa Membuat Pusing

Sebenarnya, pusing atau sakit kepala juga termasuk dalam salah satu cara tubuh untuk menolak kandungan di dalam makanan yang kita konsumsi. Jika makanan sampai dianggap sebagai sesuatu yang beracun, kita bahkan bisa mengalami sensasi mual dan kemudian muntah. Hanya saja, seringkali saluran pencernaan sudah dengan baik mengatasinya sehingga membuat kita hanya mengalami sensasi pusing atau sakit kepala.

Carol Agguirre, pakar diet dari Florida, Amerika Serikat menyebutkan bahwa makanan yang paling rentan membuat kepala pusing adalah yang memiliki kandungan gula tinggi. Beberapa makanan atau minuman tersebut adalah minuman bersoda, permen, jus kemasan, susu cokelat, dan makanan yang diproses. Efek dari munculnya kepala pusing ini bahkan bisa berlangsung cukup lama setelah kita mengonsumsinya.

Kandungan gula yang tinggi akan membuat kadar glukosa darah meningkat. Pankreas pun kemudian bekerja keras demi memproduksi hormon insulin demi mengolah glukosa tersebut sekaligus menurunkan kadar gula darah. Selain gula, makanan berkarbohidrat sederhana sepeti roti tawar, pasta, biskuit, atau makanan dengan kandungan sirup jagung juga akan membebani saluran pencernaan. Hal ini akan membuat aliran darah terpusat ke saluran pencernaan. Padahal, jika sampai otak kekurangan aliran darah yang kaya akan oksigen, maka kita pun akan lebih rentan terkena sensasi pusing, sakit kepala, dan mengantuk parah.

Makanan yang kaya gula dan karbohidrat sederhana juga bisa memicu diabetes jika sering dikonsumsi dengan berlebihan. Melihat adanya fakta ini, jangan terlalu sering mengonsumsinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi