Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Angka kegemukan yang dialami anak-anak terus meningkat di setiap tahunnya. Hal ini perlu diwaspadai karena kegemukan pada anak dapat memicu penyakit serius di saat dewasa seperti diabetes dan penyakit jantung.

Makanan Ini Membuat Anak Gemuk, Mitos Atau Fakta?

Umumnya, kegemukan pada anak terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara asupan makanan dan aktivitas harian yang menggunakan energi. Banyak orang menganggap kegemukan juga dipengaruhi oleh genetik, namun sebenarnya faktor genetik tidak berpengaruh banyak pada kegemukan. Meskipun demikian, orang tua memiliki peran penting dalam mencegah kegemukan pada anak-anak. Salah satu caranya adalah dengan memerhatikan pilihan aktivitas dan pola makan anak-anak.

Beberapa makanan ini sering dianggap sebagai makanan yang dapat menyebabkan kegemukan pada anak. Benarkah demikian? Yuk simak faktanya berikut ini:

1. Minuman bersoda

Minuman bersoda sering dianggap sebagai pemicu kegemukan pada anak, sehingga banyak orang tua yang membatasi pemberian minuman ini pada anak-anak. Namun yang sering salah kaprah di masyarakat adalah banyak yang menganggap bahwa soda yang menyebabkan kegemukan, padahal yang menyebabkan kegemukan adalah kandungan gula di dalamnya. Karena itu jus buah atau minuman isotonik yang mengandung gula tinggi tetap dapat menyebabkan kegemukan pada anak.

2. Makanan frozen food

Makanan frozen food dianggap tidak sehat karena sudah kehilangan gizinya saat mengalami proses pembekuan. Namun sebenarnya buah atau sayuran yang dibekukan sendiri tidak kehilangan zat gizinya dan tetap baik bagi kesehatan. Sedangkan bagi makanan olahan yang dibekukan seperti nugget, telah banyak kehilangan banyak kandungan zat gizi mikro, selain itu makanan tersebut juga sudah ditambahkan teoung dan gula yang merupakan karbohidrat sederhana dan mengandung lemak jenuh. Hal inilah yang membuat makanan frozen food dapat memicu kegemukan.

3. Gorengan

Gorengan termasuk salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan kegemukan. Tempe, pisang, tahu tentunya adalah makanan yang sehat dan baik bagi kesehatan. Namun ketika dibalut tepung dan digoreng dengan minyak yang sudah berulang kali digunakan, gorengan menjadi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, lemak dan berkalori tinggi.

4. Es krim

Siapa di antara Anda yang melarang anak untuk menyatap es krim karena takut dapat menyebabkan kegemukan? Es krim terbuat dari susu, perasa dan gula sehingga mengandung kalori yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan hal ini dapat meningkatkan berat badan. Namun es krim yang diproses dengan baik dan menggunakan bahan susu yang sehat merupakan santapan yang sehat bagi anak-anak. Anda tidak perlu membatasi es krim pada anak-anak kecuali jika ia tidak memiliki alergi susu.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi