7 Makanan Ini Bisa Meningkatkan Tekanan Darah

keju-doktersehat
Photo Credit Flickr.com/Sasa Pahic Szabo

DokterSehat.Com– Mungkin masih banyak yang berpendapat, sejauh tidak mengonsumsi sate kambing atau makanan berlemak, maka tidak akan terkena masalah tekanan darah tinggi. Padahal, sebenarnya banyak juga makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah.

Dikutip dari Boldsky, berikut adalah beberapa makanan dan minuman yang sering kita konsumsi namun tanpa kita sadari bisa memicu masalah tekanan darah tinggi.

  1. Makanan kalengan

Hampir seluruh makanan kalengan, termasuk ikan tuna kalengan dan ikan sarden memiliki kandungan garam. Kandungan ini ditujukan untuk membuat bahan makanan tetap awet dalam waktu yang lama. Sayangnya, kandungan garam yang tinggi ini bisa meningkatkan tekanan darah.

  1. Alkohol

Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol sangatlah berbahaya bagi kesehatan jika kerap dikonsumsi. Tak hanya bisa merusak organ hati, alkohol bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi dengan signifikan.

  1. Kopi

Kandungan kafein di dalam kopi bisa memengaruhi pembuluh darah dan akhirnya meningkatkan tekanan darah. Penderita masalah hipertensi sendiri biasanya tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang digemari banyak orang ini.

  1. Keju

Keju olahan biasanya diolah dengan garam agar memiliki rasa yang lebih enak. Beberapa keju dengan kandungan garam tinggi adalah keju cheddar, feta, dan edam. Sementara itu, keju mozzarella dan emmental cenderung memiliki kandungan garam yang rendah.

  1. Makanan manis

Kebanyakan orang berpikir jika makanan manis hanya akan memicu obesitas dan diabetes. Padahal, makanan manis juga bisa memengaruhi tekanan darah dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan gula dalam membuat pembuluh darah semakin keras dan tak lagi fleksibel.

  1. Daging olahan

Daging olahan kerap kali diolah dengan kandungan garam yang tinggi. Selain itu, daging olahan memiliki kandungan lemak jenuh yang juga bisa memicu peningkatan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh.

  1. Acar

Proses pembuatan acar biasanya melibatkan garam dalam jumlah yang sangat banyak. Sebagaimana kita ketahui, garam sangatlah tidak baik bagi tekanan darah dalam tubuh.

Nah, teman Sehat selama ini suka mengonsumsi makanan yang bisa memicu masalah tekanan darah? Mulai sekarang coba hindari ya, agar kesehatan tetap terjaga.