Terbit: 18 November 2019 | Diperbarui: 20 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebenarnya, tidak ada makanan apapun yang bisa mencegah atau menyembuhkan kanker, termasuk kanker payudara. Namun, ada beberapa jenis makanan yang bisa melindungi tubuh wanita sehingga akan menurunkan risiko terkena kanker payudara dengan signifikan. Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan Alexandra Rothwell, RD, CDN, jika kita tidak ingin terkena masalah kesehatan tersebut.

Makanan Ini Bisa Melindungi Wanita Lebih Baik Dari Kanker Payudara

Ikan salmon
Makanan pertama yang sangat direkomendasikan Rothwell adalah ikan salmon, sarden, serta mackerel. Makanan ini kaya akan asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan peradangan pada tubuh. Selain ketiga jenis ikan laut tersebut, kita juga bisa mengkonsumsi walnut, biji-bijian, dan minyak zaitun yang kaya akan asam lemak tersebut. Telah banyak penelitian yang menyebut asupan asam lemak omega 3 bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara dengan signifikan.

Buah-buahan dan sayuran
Buah dan sayuran tidak hanya memberikan manfaat bagi saluran pencernaan, namun juga bisa menurunkan risiko terkena kanker, termasuk kanker payudara. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam European Journal of Nutrition yang terbit tahun 2011 silam, beberapa jenis sayur dan buah seperti brokoli, kubis, kembang kol, bawang Bombay, bawang putih, jamur shiitake, jamur oyster, dan buah beri sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Kedelai
Kita tentu pernah melihat artikel yang menyebutkan bahwa konsumsi kedelai terkait dengan meningkatnya risiko kanker payudara. Hanya saja, hal ini sebenarnya hanya berlaku pada orang dengan gen mutasi BRCA2, bukan pada semua orang. Jika kita mengkonsumsi makanan yang terbuat dari kedelai utuh atau organik seperti tempe, tahu, atau kacang kedelai, kita justru akan menurunkan resiko terkena kanker payudara.

Tak hanya rajin mengkonsumsi makanan-makanan sehat tersebut, pastikan untuk menjaga gaya hidup sehat seperti berolahraga, tidur cukup, dan menghindari berbagai kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, atau konsumsi makanan cepat saji yang bisa memicu datangnya kanker.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi