Sering Dikonsumsi, Makanan Ini Bisa Bikin Batu Empedu

Daging-iga-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Patrick Quinn-Graham

DokterSehat.Com– Apa yang kita makan berpengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh. Jika kita menerapkan pola makan dengan sembarangan dan tidak sehat, maka risiko untuk terkena berbagai penyakit pun akan muncul. Salah satu penyakit yang bisa muncul akibat kebiasaan makan yang tidak sehat adalah batu empedu.

Meskipun ukurannya sangat kecil, kantung empedu yang berlokasi di bagian kanan perut ini memiliki peran besar bagi sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai contoh, cairan dan enzim yang diproduksi oleh empedu ini sangat penting untuk mencerna lemak yang ada dalam makanan yang kita konsumsi. Selain itu, proses sekresi makanan secara keseluruhan juga membutuhkan peran besar dari empedu.

Sayangnya, terkadang kita memilih untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat, khususnya yang berupa makanan yang digoreng dan makanan yang kaya lemak karena memiliki rasa yang enak. Pakar kesehatan Ashley Barrient yang berasal dari Northwestern Memorial Hospital menyebutkan bahwa makanan yang digoreng seperti gorengan, kentang goreng, atau bahkan donat kaya akan lemak trans yang bisa menyebabkan tekanan berlebihan pada kantung empedu. Selain itu, keberadaan lemak dan kolesterol juga bisa memicu pembentukan batu empedu dengan cepat.

Daging berlemak seperti daging babi, daging merah, hingga daging olahan seperti sosis dan nugget juga bisa menyebabkan kerusakan pada kantong empedu. Menurut American Diabetic and Dietary Committee, ada baiknya memang kita menghindari daging berlemak demi mencegah batu empedu dan penyakit kardiovaskular.

Selain makanan yang kaya akan lemak dan digoreng, pakar kesehatan juga tidak menyarankan kita untuk mengonsumsi karbohidrat olahan yang berupa roti putih atau yang terbuat dari tepung halus. Makanan-makanan ini bisa membuat tubuh menyimpan lemak dalam jumlah banyak, menambah jumlah kadar kolesterol dalam tubuh, dan memicu pembentukan batu empedu. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti roti gandum, gandum utuh, atau beras merah.

Pastikan untuk menerapkan pola makan yang seimbang, khususnya dalam hal memperbanyak asupan sayur dan buah yang kaya akan serat demi mencegah datangnya batu empedu.