Terbit: 13 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Uban atau rambut yang sudah berwarna putih seringkali dikaitkan dengan usia tua. Padahal, banyak orang yang berada di usia produktif atau di usia remaja yang juga sudah beruban. Sebenarnya, apa sih penyebab munculnya uban di usia muda?

Awas, Makanan Ini Bisa Bikin Cepat Ubanan!

Faktor penyebab ubanan di usia kurang dari 30 tahun

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali faktor yang menyebabkan munculnya uban di usia kurang dari 30 tahun. Masalahnya adalah hal ini bisa saja terkait dengan gaya hidup sehari-hari.

Berikut adalah beberapa faktor tersebut.

  1. Dipengaruhi oleh ras tertentu

Mereka yang berasal dari ras Kaukasia atau merupakan keturunan dari ras ini cenderung lebih cepat beruban. Selain itu, orang Asia seperti masyarakat Indonesia juga rentan untuk mengalaminya. Orang-orang dari Afrika dan Amerika asli cenderung tidak mudah mengalaminya di usia muda.

  1. Sering terkena stres

Banyak orang yang mengaitkan uban dengan stres. Tak disangka, hal ini ternyata memang benar adanya. Pakar kesehatan dr. Roopal Kundu dari Northwestern University menyebut stres memang tidak secara langsung memicu kemunculan uban di usia muda, namun mampu mempengaruhi hormon-hormon yang ada di dalam tubuh, termasuk yang bisa mempengaruhi perubahan warna dan kondisi rambut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

  1. Gaya hidup

Kebiasaan merokok ternyata juga bisa membuat kita lebih rentan terkena rambut beruban. Hal ini disebabkan oleh kandungan rokok yang mempengaruhi kondisi kulit dan rambut. Pola makan yang buruk seperti kekurangan asupan vitamin B12 dan D3 juga bisa menjadi pemicunya mengingat vitamin-vitamin ini berperan dalam memproduksi melanin yang menentukan warna rambut.

  1. Terkait dengan penyakit tertentu

Pakar kesehatan menyebut orang-orang yang beruban di usia muda sebaiknya sering memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter karena adanya kemungkinan mereka berisiko tinggi terkena penyakit jantung iskemik.

Beberapa makanan yang bisa menyebabkan rambut lebih cepat beruban.

Meskipun begitu, pakar kesehatan menyebut faktor genetik dan gaya hidup memberikan peran lebih besar dalam menyebabkan rambut beruban di usia muda. Sebagai contoh, jika kita sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dengan kadar gizi yang kurang seimbang, maka kita pun akan lebih rentan terkena masalah rambut beruban.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak mudah beruban di usia muda.

  1. Gorengan dan makanan pedas

Masyarakat Indonesia biasanya sulit untuk menghindari gorengan dan makanan pedas atau makanan berlemak. Gorengan sangat nikmat untuk dijadikan camilan dan lauk. Sementara itu, makanan pedas akan membuat sensasi makan menjadi jauh lebih mantap. Sayangnya, makanan-makanan dengan rasa yang enak ini akan mempengaruhi kondisi cairan tubuh dan akhirnya membuat aliran nutrisi ke folikel rambut menurun. Hal ini akan bisa menyebabkan perubahan warna rambut menjadi memutih.

Selain bisa menyebabkan uban lebih cepat muncul, gorengan dan makanan berlemak juga tidak sehat bagi pembuluh darah dan jantung sehingga sebaiknya memang kita hindari.

  1. Makanan tinggi garam

Garam memang bisa membuat rasa masakan menjadi lebih enak, namun kandungan natrium yang tinggi di dalam garam ini akan berpengaruh besar bagi kondisi cairan tubuh. Jika kita sering mengonsumsi makanan tinggi garam, maka tubuh akan lebih rentan mengalami dehidrasi. Padahal, kondisi dehidrasi juga bisa menyebabkan uban lebih ceapt tumbuh.

Makanan tinggi garam juga bisa memicu datangnya penyakit lain seperti hipertensi dan gagal ginjal sehingga sebaiknya kita hindari.

  1. Makanan tinggi gula

Makanan manis seperti roti dengan kandungan gula yang tinggi sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, mengonsumsi gula dengan berlebihan akan menurunkan kadar vitamin E di dalam tubuh dan mempengaruhi kondisi jaringan rambut. Hal ini berarti, makanan ini bisa menyebabkan datangnya uban di usia muda. Selain makanan, minuman manis seperti minuman bersoda juga bisa menyebabkan efek yang sama jika terlalu sering dikonsumsi.

Dengan menurunkan asupan makanan-makanan ini, maka kita pun tidak akan mudah beruban di usia muda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi