Terbit: 8 Januari 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Apakah ada makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih dan tips agar calon bayi berkulit putih? Sebagian orang tua mungkin menginginkan bayinya lahir dengan kulit yang putih dan bersih, sehingga beberapa ibu hamil pun mengusahakannya dengan mengkonsumsi makanan tertentu yang diyakini dapat berpengaruh pada warna kulit bayi saat lahir nanti. Berikut ini adalah penjelasannya berdasarkan dunia medis.

11 Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih, Mitos atau Fakta?

Makanan Ibu Hamil agar Bayi Berkulit Putih

Warna kulit dan semua bagian tubuh bayi akan terbentuk berdasarkan DNA dan genetik orang tua atau keluarga bayi, bukan dari makanan tertentu yang sengaja dikonsumsi dengan mitos bahwa bayi akan lahir dengan kulit putih.

Makanan sehat tentu akan mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi, namun tidak serta-merta dapat membuat bayi lahir dengan warna kulit atau jenis rambut yang tidak menuruni DNA-nya.

Beberapa jenis makanan memang dapat membantu agar bayi lahir dengan kondisi kulit dan tubuh yang sehat karena nutrisinya terpenuhi dengan baik, seperti rekomendasi makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini:

1. Susu Saffron

Sebagian kelompok masyarakat mempercayai bahwa susu saffron dapat membuat bayi lahir dengan kulit putih dan bersih, sehingga mereka merekomendasikan wanita hamil untuk minum segelas susu saffron hangat dengan campuran kunyit setiap hari.

Saffron memang memiliki khasiat untuk mencerahkan warna kulit hingga dijadikan bahan dasar berbagai produk kosmetik pencerah kulit, namun hingga sekarang tidak ada bukti yang menjelaskan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi susu saffron secara rutin dapat melahirkan bayi berkulit putih.

2. Ikan Berminyak

Berdasarkan ahli diet dari Department of Nutrition and Dietetics at KK Women’s and Children’s Hospital, jenis ikan berminyak seperti tuna, salmon, sarden, herring, trout, ikan tenggiri, dan ikan teri mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk memperbaiki membran sel untuk mendukung elastisitas kulit bayi Anda.

Walaupun demikian, tidak ada data yang secara pasti mendukung hubungan langsung antara kandungan omega-3 ini dengan memutihkan kulit bayi saat lahir.

3. Alpukat

Alpukat juga dipercaya sebagai salah satu rekomendasi makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih. Alpukat mengandung vitamin C, Vitamin E, dan antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen untuk meningkatkan kesehatan kulit secara umum.

Kandungan kolagen inilah yang berperan untuk mengurangi peradangan serta membantu meningkatkan kecerahan dan warna kulit bayi. Selain itu, kandungan vitamin dan nutrisi lain di buah alpukat memang baik untuk ibu hamil.

Baca Juga: 10 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Mengobati Ginjal?

4. Tomat

Tomat mengandung likopen yang merupakan sumber antioksidan paling kuat. Kandungan likopen berasal dari kulit tomat yang juga ditemukan di buah-buahan lain berwarna merah cerah.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kandungan tersebut dapat membantu melindungi kulit dari paparan bahaya sinar UV dan meningkatkan perlindungan kulit secara umum.

Walaupun demikian, tidak ada data yang pasti apakah kandungan ini dapat membuat bayi yang tidak memiliki genetik kulit putih kemudian akan lahir berkulit putih cerah.

5. Buah Beri

Sebagian masyarakat yang memiliki mayoritas keturunan kulit sawo matang mempercayai bahwa buah beri juga termasuk dalam pilihan makanan ibu hamil agar bayi berkulit putih, namun belum ada penelitian yang membuktikannya.

Secara umum, terdapat beberapa manfaat buah beri untuk ibu hamil karena beri-berian seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry mengandung vitamin C, beta karoten, potasium, asam folat dan antioksidan yang baik untuk wanita hamil dan perkembangan kesehatan janin.

6. Kelapa

Kelapa telah lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Kelapa mengandung vitamin K yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan elastisitas kulit, produksi kolagen, serta mencerahkan warna kulit.

Berdasarkan kandungan tersebut, wanita hamil direkomendasikan untuk makan dua potong kelapa segar berukuran sedang setiap hari untuk membuat bayi lahir berkulit sehat dan bersih.

7. Susu

Sebagian masyarakat percaya bahwa warna susu yang putih dapat membuat bayi lahir berkulit putih, walaupun bayi tersebut tidak memiliki garis keturunan kulit putih. Sebenarnya, hal itu sama sekali tidak berkaitan.

Susu penting bagi ibu hamil karena mengandung vitamin dan nutrisi komplit seperti vitamin A, E, D3, B1, B2, B3, B6 dan B12, kalsium, fosfor, yodium, magnesium, zinc, selenium, natrium dan kalium untuk mendukung perkembangan bayi agar lahir dengan sehat dan sempurna, bukan semata membuat kulit bayi jadi putih.

8. Almond

Almond termasuk dalam rekomendasi makanan yang baik untuk ibu hamil. Almond mengandung zat besi, kalsium, asam folat, serat dan nutrisi lengkap lainnya.

Selain itu, sebagian orang juga percaya bahwa mengonsumsi susu almond secara rutin akan membuat bayi lahir berkulit putih, padahal kandungan almond lebih ditekankan pada manfaat kesehatannya untuk janin.

Baca Juga: 10 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil dan Nutrisinya

9. Biji Adas

Fennel seeds atau biji adas memiliki kandungan antioksidan dan efek antiseptik yang dikaitkan dengan khasiat untuk mencerahkan warna kulit bayi, namun tidak ada bukti relevan mengenai pernyataan tersebut meskipun biji adas memang memiliki manfaat kesehatan bagi ibu hamil dan perkembangan janin.

10. Grapefruit 

Grapefruit atau jeruk bali merah adalah jenis buah jeruk subtropis yang memiliki rasa asam dan segar. Buah ini mengandung alpha hydroxy acids (AHA) atau asam alfa hidroksi yang berfungsi untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan menampakkan kulit bersinar.

Kandungan AHA ini juga digunakan sebagai bahan dasar berbagai kosmetik pencerah kulit, namun tidak diketahui apakah ini dapat secara langsung membuat bayi lahir berkulit putih.

11. Jeruk

Jeruk terkenal atas kandungan vitamin C yang sangat kaya yang bermanfaat untuk kesehatan kulit secara umum. Jeruk juga dijadikan bahan dasar beberapa produk skin care karena dapat mencerahkan kulit.

Masyarakat tradisional pun percaya bahwa wanita hamil yang mengonsumsi jeruk setiap hari akan membuat bayinya lahir berkulit putih, namun belum ada penelitian yang membuktikannya.

Baca Juga: 15 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Apakah Makanan dapat Berpengaruh pada Warna Kulit Bayi?

Bayi akan lahir menuruni DNA kedua orang tuanya, termasuk warna kulit, warna mata, jenis rambut, dan bagian tubuh identik lainnya. Apabila bayi memiliki orang tua dari ras kulit berwarna sawo matang, maka bayi akan lahir dan tumbuh dengan warna kulit sesuai dengan genetiknya.

Mengonsumsi makanan tertentu tidak dapat mengganti DNA kulit bayi Anda, namun menerapkan pola makan sehat mencakup berbagai macam buah-buahan, sayuran, dan asupan cairan yang cukup dapat mendukung kesehatan tubuh, kesehatan kulit, dan perkembangan otak bayi Anda.

Itulah tips agar calon bayi berkulit putih. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan Anda seputar mana yang fakta dan mana yang mitos dalam topik seputar kehamilan.

 

  1. A Ganesh, Malathi. 2019. What are the best foods to be taken during pregnancy to have a fair child?. https://knowingyourchild.com/pregnancy-birth/best-foods-to-be-taken-during-pregnancy-to-have-a-fair-child/. (Diakses pada 8 Januari 2020).
  2. Dr. Wishart, Brandy. 2019. What Foods to Eat During Pregnancy for a Fair Baby. (Diakses pada 8 Januari 2020).
  3. SingHealth. 2016. ???Pregnancy: Can Certain Foods Improve Baby’s Complexion?. healthxchange.sg/women/pregnancy/pregnancy-foods-improve-babys-complexion. (Diakses pada 8 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi