Sederhana, Ini 4 Makanan Harian yang Jitu Tingkatkan Nafsu Makan Anak

wortel-untuk-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/mali maeder

DokterSehat.Com– Apa yang Anda berikan pada anak jika sedang tidak nafsu makan?

Sebagian besar tentu memilih bumbu atau rempah alami, misalnya temulawak atau kunyit, untuk menambah nafsu makan anak, ya. Hal ini memang telah terbukti, akan tetapi, Anda juga bisa lho mendapatkan manfaat tersebut dari bahan makanan harian yang sering dikonsumsi keluarga.

Ya, ternyata manfaat berupa peningkatan nafsu makan anak juga bisa kita peroleh dari beberapa makanan alami yang cukup sering kita konsumsi.

Hal ini tentu sangat membantu anak agar tetap doyan makan, tanpa harus mengandalkan bumbu, rempah, atau bahan makanan penambah nafsu makan yang cenderung jarang dikonsumsi anak.

Lantas, apa saja sih bahan makanan alami yang bisa meningkatkan nafsu makan anak? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan zat pada bahan makanan yang bisa meningkatkan nafsu makan anak

Makanan yang dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan anak, umumnya adalah makanan alami yang memiliki kandungan, zat gizi, atau rasa tertentu yang khas dan bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Umumnya, kandungan zat tersebut memang secara alami sudah ada pada bahan makanan dan bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Beberapa kandungan zat yang bisa meningkatkan nafsu makan anak adalah:

  • Fitonutrien
    Fitonutrien adalah zat non gizi yang sebenarnya tidak dibutuhkan tubuh, namun sangat bermanfaat. Beberapa jenis fitonutrien, bisa memberikan asupan zat tertentu yang dapat mendukung terbentuknya hormon dalam tubuh. Beberapa diantaranya juga mampu merangsang nafsu makan anak, sehingga makanan dengan kandungan fitonutrien tertentu bisa dipilih untuk meningkatkan nafsu makan anak.
  • Gula alami pada bahan makanan
    Anak-anak tentu sangat identik menyukai rasa manis, ya. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan memilih bahan makanan yang banyak mengandung gula alami, utamanya dari sayur dan buah.Hal ini, tidak hanya meningkatkan nafsu makan anak, namun juga mampu memberikan asupan vitamin dan mineral yang penting untuk anak.

Lantas, apa saja pilihan bahan makanan harian yang mampu meningkatkan nafsu makan anak?

Berikut 5 bahan makanan harian yang bisa menambah nafsu makan anak:

1. Wortel

Siapa sangka wortel yang sering disajikan sebagai makanan sehari-hari ini ternyata juga bisa meningkatkan nafsu makan?

doktersehat-wortel-sayur
Photo Credit: Ashwin Kamath

Ya, wortel merupakan salah satu sayur yang cukup direkomendasikan sebagai penambah cita rasa berbagai masakan.

Hal ini disebabkan wortel kaya akan kandungan beta karoten dan memiliki rasa manis yang cocok digunakan sebagai penambah rasa pada masakan berkuah kaldu. Anda bisa menambahkan sari wortel atau membuat jus wortel agar nafsu makan anak Anda semakin meningkat.

2. Tomat

Tomat merupakan bahan makanan yang banyak mengandung glutamat, hal ini membuat tomat memiliki rasa gurih tertentu yang membuat kita bisa seakan ketagihan, mirip dengan glutamat buatan yang ada pada saus tomat kemasan.

doktersehat-tomatAnda bisa memanfaatkan hal ini dengan menggunakan tomat sebagai menu makan, minuman atau pilihan saus alami untuk jajanan anak.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan banyak mengandung fitonutrien, serta memiliki rasa gurih yang khas. Hal ini bisa memberikan manfaat berupa peningkatan nafsu makan pada Anak.

doktersehat-kacang-selaiAnda bisa memilih kacang dalam bentuk segar maupun kering, namun pastikan Anda menghaluskan kacang, atau memilih olahan selai kacang alami, agar tidak membuat anak tersedak, ya.

4. Kurma

Kurma yang super manis ini bisa jadi pilihan camilan atau tambahan pemanis pada makanan anak.

Rasa manis alami yang ada pada kurma bisa membuat anak ketagihan untuk mengonsumsi makanan yang disajikan.

kurma-doktersehat
Photo Credit: flickr.com/Rcakewalk

Anda bisa menggunakan sari kurma sebagai pemanis untuk makanan dan minuman anak, tidak hanya berasal dari gula alami, namun sari kurma juga banyak mengandung vitamin dan fitonutrien.