5 Makanan Harian yang Jitu Menormalkan Gula Darah Tubuh

doktersehat-telur

DokterSehat.ComDiabetes adalah penyakit tidak menular dengan prevalensi yang paling tinggi di dunia. Hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh keturunan, namun juga pola makan yang keliru, dimana asupan makanan manis dari gula maupun pemanis buatan berlebihan.

Maka dari itu, konsumsi makanan manis haruslah kita batasi.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis bahan makanan harian yang ternyata bisa menjaga kadar gula darah tubuh tetap normal?

Ya, ternyata ada beberapa jenis bahan makanan dengan kandungan gizi tertentu yang mampu menjaga kadar gula darah tubuh tetap terkontrol.

Kandungan gizi pada makanan yang menjaga kadar gula darah tubuh tetap normal

doktersehat-diabetes-penyakit-berbahaya-bisul-hemofilia-A-tes-HbA1c-1024

Beberapa kandungan zat dan gizi pada makanan harian yang bisa menjaga kadar gula darah tubuh adalah:

  • Serat, serat merupakan salah satu zat gizi utama yang bisa menjaga kadar gula darah tetap normal dalam tubuh
  • Omega 3, karena mampu mengontrol asupan lemak baik dalam tubuh dan memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh
  • Makanan dengan indeks glikemik rendah, yang akan mencegah gula darah dalam tubuh tidak melonjak tajam

Lantas, apa saja jenis makanan harian yang mampu menjaga kadar gula dalam tubuh tetap normal?

Berikut 5 jenis bahan makanan yang mampu menjaga kadar gula tubuh tetap normal:

1. Telur

Telur sebagai bahan makanan yang umum digunakan sebagai lauk, ternyata tidak hanya praktis namun juga bisa memberikan manfaat yang baik untuk menjaga kadar gula dalam tubuh.

Hal ini disebabkan kandungan protein yang tinggi pada telur, yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, serta kandungan indeks glikemik yang rendah pada telur, yang akan mencegah gula darah naik berlebihan.

Tips
agar manfaat telur bisa dirasakan dengan maksimal, adalah pilih metode masak telur yang rendah lemak, misalnya direbus atau ceplok air.

2. Roti gandum utuh

Beda-roti-tawar-putih-gandum-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Jim Champion

Serat menjadi kandugan utama pada roti gandum yang memberikan berbagai manfat untuk kesehatan gula darah tubuh.

Serat yang tinggi pada roti gandum juga beriringan dengan kandungan indeks glikemiknya yang lebih rendah daripada roti putih biasa.

Tips agar manfaat roti gandum bisa Anda rasakan maksimal, konsumsi bersamaan dengan olahan gandum lainnya, misalnya biskuit gandum atau sereal gandum.

3. Ikan tinggi omega 3

doktersehat-salmon
photo credit : pexels.com

Kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh, serta protein yang tinggi pada ikan membuat konsumsi ikan sangat baik untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh.

Protein yang ada pada ikan bisa memberikan rasa kenyang yang cukup lama, dan menghindari konsumsi makanan manis yang sering membuat tubuh menjadi craving saat sedang lapar.

Tips untuk mengolah ikan untuk gula darah tubuh, pilihlah jenis yang tingi omega 3 yaitu ikan salmon, tuna dan ikan kembung. Serta, jangan lupa ilih metode masak yang rendah lemak, ya.

4. Alpukat

Doktersehat - Alpukat
Photo Credit: Flickr.com/regenlied

Alpukat merupakan jenis bahan makanan yang banyak mengandung serat dan lemak baik. Hal ini membuat konsumsi alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan kadar gula darah tubuh.

Tips agar konsumsi alpukat lebih bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah, konsumsi dalam bentuk segar, dan hindari penambahan pemanis, baik berupa krimer, meses, gula cair atau es krim, pada sajian alpukat.

5. Bawang putih

Bawang-putih-diet-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Dubravko Soric

Konsumsi bawang putih dalam porsi yang cukup, yaitu 5-6 siung segar ukuran sedang, secara rutin, memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Tidak hanya mampu menjaga kadar gula darah dengan kandungan zat antioksidannya, bawang putih juga bisa memberikan manfaat berupa menurunkan kolesterol.