Tidak Cuma Kopi, 3 Makanan Ini Ternyata Juga Bikin Tak Bisa Tidur!

doktersehat-seledri-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Saat sedang ingin tidur nyenyak, Anda tentu tidak ingin mengonsumsi kopi yang telah terbukti dapat membuat tubuh menjadi tidak lagi mengantuk, bukan?

Ya, kopi memang terbukti telah memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi, sehingga konsumsi kopi mampu memberikan efek anti ngantuk karena peredaran darah dan metabolisme tubuh meningkat.
doktersehat kopi dan kehamilan

Akan tetapi, tahukah Anda jika ternyata ada cukup banyak bahan makanan yang juga bisa menyebabkan kita jadi tidak bisa tidur?

Bahan makanan yang dapat mengganggu pola tidur adalah bahan makanan yang jika dikonsumsi mendekati waktu tidur, dapat membuat tubuh menjadi merasa tidak nyaman, misalnya karena jadi sering buang air kecil, adanya rasa tidak nyaman pada tubuh, atau adanya kandungan zat pada makanan yang bisa memengaruhi metabolisme tubuh.
doktersehat-gangguan-tidur-insomnia

Hal ini tentu sebaiknya dihindari, mengingat salah satu indikator kesehatan tubuh yang optimal adalah istirahat yang cukup, minimal 7-8 jam untuk orang dewasa.

Asal memilih makanan atau minuman sebelum tidur, bisa mengganggu pola tidur harian yang lama-kelamaan bisa menggangu kualitas tidur dan kondisi kesehatan tubuh kita, bukan?

Untuk itu, yuk sama-sama kita simak, apa saja sih bahan makanan selain kopi yang bisa mengganggu kualitas tidur, di bawah ini!

1. Es krim

Jika Anda cukup sering mengonsumsi es krim dalam 1-2 jam sebelum tidur, maka hal ini sebaiknya mulai Anda kurangi. Mengapa?

Es krim adalah bahan makanan dengan kandungan gula, lemak, jika es krim merupakan es krim dari susu, yang tinggi. Tidak hanya itu, es krim juga memiliki suhu yang dingin. Ketiga hal tersebut merupakan kombinasi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
es-krim-doktersehat

Kondisi ini akan membuat tubuh jadi harus terpaksa mencerna es krim dengan lebih berat, karena tubuh harus menyesuaikan suhu makanan dengan suhu tubuh sebelum di cerna. Selain itu, kandungan gula dan lemak yang ada pada es krim juga bisa membuat metabolisme tubuh jelang tidur jadi tidak optimal.

Hal ini tentu akan membuat tubuh jadi harus bermetabolisme ekstra keras, padahal saat jelang tidur, tubuh harusnya sudah mulai mengistirahatkan pencernaan dan metabolismenya.

Mengonsumsi makanan bersuhu dingin pada saat malam hari, juga berisiko menyebabkan tubuh rentan mengalami gangguan, misalnya radang tenggorokan atau flu.

2. Bawang putih

Jika Anda mengonsumsi bawang putih sebelum tidur, bukannya manfaat yang Anda rasakan, namun justru risiko akan adanya gangguan pada kesehatan pencernaan Anda, mengapa?

Bawang putih memiliki sifat yang panas dan pedas, hal ini dapat memengaruhi suhu tubuh hingga kesehatan pencernaan yang terganggu. Anda dapat merasakan tubuh menjadi tidak nyaman, karena adanya rasa panas dan kontraksi pada perut.

Bawang-putih-diet-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Dubravko Soric

Bawang putih memang memiliki kandungan zat dan gizi yang terbukti baik untuk tubuh, akan tetapi khasiat yang ada pada bawang putih bisa optimal dirasakan tubuh jika dikonsumsi pada pagi atau siang hari.

3. Seledri

Tahukah Anda bahwa kualitas tidur Anda bisa terganggu, jika Anda mengonusumsi seledri berlebihan saat 1-2 jam sebelum tidur?

Ya, seledri ternyata dapat membuat Anda jadi tidak bisa tidur nyenyak, lho. Mengapa?

daun-seledri-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Rima Nurmala

Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang terbukti mampu memberikan efek diuretik, utamanya pada wanita.

Hal ini membuat Anda jadi sering buang air kecil pada malam hari. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kualitas tidur Anda, bukan? Untuk itu, usahakan menghindari konsumsi seledri pada malam hari, ya.