5 Makanan yang Harus Dijauhi Demi Menyehatkan Jantung

sosis-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu organ yang paling penting fungsinya bagi kesehatan tubuh adalah jantung. Tanpa adanya organ ini, maka tubuh tidak mampu menjalankan sirkulasi darah dengan lancar. Masalahnya adalah terkadang kita menerapkan pola makan yang tidak sehat sehingga bisa membuat kesehatan jantung menurun.

Berbagai makanan yang bisa berbahaya bagi kesehatan jantung

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh, garam, dan kolesterol berpotensi merusak pembuluh darah dan jantung. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam memicu aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah, hipertensi, kolesterol tinggi, dan masalah kardiovaskular lainnya yang mematikan.

Berikut adalah berbagai makanan yang bisa menyebabkan dampak kesehatan tersebut.

  1. Sup dan berbagai sayuran instan

Jika kita berbicara tentang sup atau sayuran, maka hal yang terpikir pastilah makanan sehat yang baik bagi kesehatan. Hanya saja, jika kita cermati, ada cukup banyak sayuran atau sup yang dikemas secara instan.

Memang, makanan ini akan sangat praktis untuk dibuat, namun pakar kesehatan menyebut sering mengonsumsinya bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan MSG atau penyedap rasa yang tinggi di dalam sayuran atau sup instan ini.

Meski bisa membuat rasanya menjadi lebih nikmat, hal ini membuat kandungan natrium di dalamnya sangat tinggi. Masalahnya adalah natrium jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi, salah satu penyebab utama dari serangan jantung dan stroke.

Melihat fakta ini, sebaiknya memang kita mengonsumsi sayuran dan sup segar yang diolah sendiri yang jauh lebih aman bagi kesehatan.

  1. Ayam goreng

Salah satu lauk yang dengan mudah kita temui di rumah atau tempat makan ini ternyata kurang baik bagi kesehatan jantung. Rasanya memang enak, namun jika digoreng, ayam cukup banyak menyerap minyak, apalagi jika di daging ayam ini masih ada kandungan lemak atau kulit. Jika mengonsumsinya satu porsi saja, maka kita akan mengonsumsi lemak sebanyak 63 gram, kolesterol sebanyak 350 mg, dan kalori berjumlah 920 kalori.

Jika ayam yang digoreng juga diberi tambahan tepung, maka kita juga bisa mendapatkan tambahan lemak jenuh dan natrium yang bisa semakin memperburuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena alasan inilah sebaiknya kita membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

  1. Sosis

Sosis dan daging olahan lainnya seperti nugget dan kornet dikenal luas memiliki rasa yang enak. Karena praktis untuk diolah, makanan ini sering dijadikan lauk saat sarapan. Masalahnya adalah jika kita sering mengonsumsinya, risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular akan meningkat dengan signifikan.

Hal ini disebabkan oleh kandungan sodium dan lemak jenuh di dalam sosis dan daging olahan lainnya yang sanagt tinggi. Selain itu, jika kita mengonsumsi sosis 100 gram saja, maka kita sudah bisa mendapatkan 300 kalori. Mengonsumsi kalori dengan berlebihan bisa memicu kenaikan berat badan yang juga buruk bagi kesehatan jantung.

  1. Burger

Salah satu makanan cepat saji yang paling digemari di seluruh dunia ini ternyata juga tidak baik bagi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak dan natriumnya yang sangat tinggi. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi satu buah burger, maka kita sudah mendapatkan lemak sebanyak 29 gram, 540 kalori, dan natrium sebanyak 1040 mg!

Terlalu sering mengonsumsinya terbukti mampu meningkatkan risiko terkena hipertensi dan kolesterol tinggi.

  1. Pizza

Pizza yang nikmat dan mengenyangkan tinggi kndungan lemak jenuh, kalori, and natrium. Jika kita mengonsumsinya dengan saus dalam jumlah banyak, maka risiko untuk terkena masalah jantung dan pembuluh darah akan meningkat.