Hindari 3 Makanan Ini Jika Ingin Cepat Hamil!

doktersehat-kentang-goreng

DokterSehat.Com– Kehamilan tentu menjadi momen yang dinantikan oleh banyak pasangan, ya. Tak heran, ada cukup banyak cara yang berusaha dilakukan, mulai dari melakukan cek kesehatan, melakukan konsultasi dengan dokter kandungan, serta banyak cara lainnya.

Selain kedua hal tersebut, beberapa poin yang kerap mendapat perhatian khusus adalah makanan. Makanan menjadi hal yang cukup berpengaruh, selain itu, makanan pula yang akan membentuk kondisi kesehatan dan optimalisasi tubuh jelang kehamilan.

Tak heran ada beberapa jenis bahan makanan yang kerap disebut mampu mempercepat terjadinya kehamilan.

hamil-doktersehat
photo credit : pexels.com

Jika biasanya pasangan yang ingin segera mendapatkan kehamilan, hanya berfokus pada apa saja makanan agar cepat hamil, maka kini Anda juga perlu mengetahui apa saja jenis makanan yang harus dihindari karena mampu mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan.

Makanan yang bisa mengurangi terjadinya kehamilan ternyata justru lebih mudah dan cukup dekat dengan keseharian kita, lho. Hal ini membuat pasangan yang ingin segera hamil, haruslah mewaspadai bahan-bahan makanan tersebut.

Lantas, apa saja sih bahan makanan yang harus dihindari jika ingin segera hamil?

Makanan yang dapat mengurangi potensi kehamilan adalah makanan yang megandung zat berbahaya dan jenis zat yang berlebihan dalam tubuh.Asupan keduanya akan menyebabkan tubuh menjadi tidak optimal.

Beberapa bahan makanan yang mengandung kedua jenis zat tersebut adalah:

1. Makanan dalam kemasan

Coba perhatikan seberapa sering Anda atau pasangan yang ingin segera mendapatkan anak, mengonsumsi makanan kemasan?

Tidak dapat dipungkiri makanan kemasan seakan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, ya.

Sayangnya, beberapa penelitian justru menyebutkan bahwa paparan dari BPA, atau bisphenol, merupakan senyawa yang memiliki zat yang dapat mengganggu kesuburan pasangan, baik pria dan wanita.

doktersehat-belanja-makanan-kemasan

Hal ini membuat kesuburan terganggu dengan cara mengurangi jumlah sel sperema dan sel telur yang sehat.

Kondisi ini tentu merugikan untuk pasangan yang ingin segera hamil. Untuk itu, selama makanan yang ingin dikonsumsi bisa diperoleh dari bahan makanan segar, maka sebaiknya utamakan konsumsi dari bahan makanan segar terlebih dahulu, ya.

2. Makanan yang banyak mengandung lemak trans

Lemak trans seakan belum banyak dikenal, padahal bahayanya justru lebih banyak daripada lemak jenuh, lho.

Pada kondisi kesehatan secara umum, asupan lemak trans terbukti mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik, sehingga lebih berisiko menyebabkan penyakit jantung dan gangguan pada kadar kolesterol tubuh.

burger-kentang-goreng-doktersehat
Photo Credit: flickr/Silverzzz

Ternyata, hal ini juga akan menimbulkan bahaya pula bagi kesuburan pasangan dengan cara menurunkan kemungkinan produksi sel telur yang optimal.

Kondisi ini membuat tubuh wanita kurang mampu membentuk kondisi rahim yang tepat untuk terjadinya kehamilan. Makanan yang banyak mengandung lemak trans adalah makanan kemasan dengan banyak lemak, misalnya keripik yang digoreng, serta makanan cepat saji.

Kedua bahan makanan tersebut merupakan makanan yang sebaiknya harus sangat dikurangi asupannya oleh pasangan yang ingin segera hamil.

3. Ikan yang tinggi merkuri

Sering tidak disadari, makanan yang mengandung merkuri, utamanya ikan tinggi merkuri, ternyata merupakan salah satu penyebab pasangan menjadi sulit mendapatkan kehamilan.

Ikan-dilarang-ibu-hamil-doktersehat-1

Merkuri merupakan zat yang berbahaya, tidak hanya mengganggu bagi pembetukan saraf bayi, namun juga bagi persiapan kehamilan.

Ikan yang tinggi merkuri telah terbukti mampu mengganggu kesuburan pria dan wanita. Hal ini membuat pasangan yang ingin segera hamil harus mengurangi konsumsi ikan yang tinggi merkuri yaitu ikan jenis hiu, ikan marlin, tuna jenis big eye dan king makarel.