4 Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

diet-noom-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Ketika Anda menjalan metode diet tertentu, hal pertama yang harus diperhatikan adalah asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, tidak sembarang makanan bisa masuk ke dalam tubuh karena dapat berpotensi menggagalkan proses diet yang sedang Anda jalani. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang diet adalah makanan yang sehat.

Lantas, seperti apa jenis makanan sehat yang dimaksud tersebut?

1. Makanan Kaya Serat

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan, khususnya bagi Anda yang sedang diet. Makanan kaya akan serat sangat penting dikonsumsi ketika sedang diet karena bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta mencegah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar. Pilihlan makanan yang kaya akan serat seperti kubis dan sawi putih serta jenis sayuran lainnya yang juga mengandung serat cukup tinggi. Namun, pastikan untuk mengolahnya hanya dengan cara dikukus atau direbus saja.

2. Ikan Segar

Ikan segar mengandung protein dan omega-3 yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, ikan juga mengandung lemak sehat yang dapat membantu melawan lemak jahat di dalam tubuh. Sehingga ikan segar bisa dijadikan sebagai menu makanan wajib ketika Anda sedang diet. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari konsumsi ikan, cobalah untuk mengolahnya dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang tanpa minyak.

3. Jus Buah dan Sayuran

Selain air putih, minuman ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain menyegarkan, kandungan gizi di dalamnya juga sangat baik jika dikonsumsi saat Anda sedang diet. Pilihlah beberapa jenis buah dan sayuran yang mengandung rendah kalori. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu haluskan menggunakan blender. Cobalah minum secara rutin setiap hari.

4. Sayuran Hijau

Jangan lupa untuk memasukkan jenis sayuran hijau ke dalam menu harian Anda saat sedang diet. Jenis sayuran yang bisa Anda konsumsi adalah sawi, brokoli, bayam, dan selada, yang mengandung rendah kalori, kaya serat dan nutrisi.