Mudah Didapatkan, Cegah Penuaan Dini Tubuh dengan 6 Makanan Harian Ini

dokter-sehat-manfaat-tomat
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Saat mendengat kata penuaan dini, maka tentu penuaan dini menjadi salah satu hal yang ingin dihindari oleh semua orang ya. Hal ini tidak hanya membuat fungsi tubuh menjadi kurang optimal dan kesehatan tubuh terganggu, namun juga bisa memengaruhi tampilan fisik tubuh.

Dengan perubahan pola hidup belakangan ini, maka tentu tidak dapat dipungkiri lagi bahwa radikal bebas menjadi salah satu jenis zat yang bisa menyerang tubuh kapan saja.

Radikal bebas inilah yang kemudian membuat tubuh rentan mengalami penuaan dini lebih cepat.

Untuk itu, melawan radikal bebas haruslah dilakukan setiap saat, salah satu cara yang cukup ampuh adalah melindungi tubuh dengan mensuplai asupan zat yang bisa mengurangi paparan dan menekan risiko rusaknya sel dalam tubuh akibat radikal bebas.

Zat fitonutrien yang ada pada bahan makanan harian

Zat yang bisa memberikan manfaat maksimal untuk melawan radikal bebas, adalah zat fitonutrien yang juga mengandung antioksidan dan beberapa jenis pigmen warna alami pada bahan makanan.

Fitonutrien ini memiliki berbagai kandungan zat alami, salah satunya antioksidan, yang terbentuk khusus untuk melawan radikal bebas.

Jika kita mengonsumsi makanan dengan kandungan fitonutrien yang tinggi secara rutin, maka tentu radikal bebas sebagai salah satu penyebab penuaan dini, bisa ditekan paparan dan risiko dalam tubuh.

Zat fitonutrien dan antioksidan dalam kadar yang kuat, dapat ditunjukkan dengan bahan makanan alami, umumnya buah atau sayur, yang memiliki pigmen warna cukup pekat.

Artinya, makanan alami harian yang memiliki manfaat untuk mencegah penuaan dini adalah buah dan sayur yang memiliki warna tertentu yang termasuk cukup pekat.

Lantas, apa saja pilihan bahan makanan yang banyak mengandung fitonutrien yang ampuh cegah penuaan dini?

Berikut 6 bahan makanan alami harian yang mampu mencegah penuaan dini pada tubuh:

1. Ubi manis

Ubi manis merupakan salah satu bahan makanan yang banyak mengandung fitonutrien dan antioksidan, baik pada kulit umbinya yang tipis maupun bagian daging ubi, utamanya yang berwarna, misalnya ubi ungu atau oranye tua.

Kandungan zat antioksidan jenis betakaroten yang ada pada ubi manis cukup tinggi, sehingga mampu memberikan manfaat untuk melawan radikal bebas sekaligus baik untuk mendukung penyerapan vitamin A.

2. Tomat

Tomat tentu merupakan bahan makanan alami yang sangat sering dikonsumsi sehari-hari, ya. Tomat ternyata merupakan bahan makanan yang cukup padat antioksidan.

Salah satu zat unggul yang ada pada tomat adalah likopen yang baik untuk mensuplai antioksidan bagi tubuh hingga mendukung kesehatan organ reproduksi pria.

3. Lemon

Photo Credit: Pexels.com/Lisa Fotios

Warna lemon yang kuning cerah menunjukkan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang memiliki kandungan antioksidan kuat, sehingga tepat dipilih sebagai buah yang ampuh melawan penuaan dini pada tubuh.

4. Buah bit

Buah bit memiliki warna merah keunguan yang pekat dan juga menunujukkan kandungan antioskidannya yang tinggi. Buah bit terbukti memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang cukup lengkap dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

5. Blueberi

photo credit : pexels.com

Buah beri merupakan jenis buah yang kandungan antioskidannya paling tinggi, ditunjukkan dengan warna berbagai jenis buah beri, utamanya blueberi yang cukup pekat. Buah jenis beri juga umumnya kaya akan kandungan vitamin A dan C.

 

6. Alpukat

Meskipun tidak memiliki warna khas yang cukup pekat, namun buah alpukat kaya akan vitamin E dan lemak baik, yang keduanya mampu memberikan manfaat berupa asupan antioksidan yang tinggi untuk tubuh.