DokterSehat.Com– Mencegah kanker payudara bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, namun pakar kesehatan menyebut gaya hidup yang sehat bisa membantu kita mencegahnya. Salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat.

roti-gandum-doktersehat

Berbagai Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi setiap hari demi menurunkan risiko terkena kanker payudara yang mematikan.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Sayuran

Sudah menjadi rahasia umum jika sayuran adalah salah satu makanan yang paling baik bagi kesehatan. Rutin mengonsumsinya tak hanya akan membuat pencernaan berjalan dengan lancar, hal ini juga akan membuat risiko terkena berbagai macam penyakit akan menurun. Salah satunya adalah risiko kanker payudara.

Berdasarakan sebuah penlitian yang melibatkan 91.799 partisipan berjenis kelamin wanita, dihasilkan fakta bahwa wanita yang menerapkan gaya hidup sehat dan lebih sering mengonsumsi sayuran akan menurunkan risiko kanker payudara hingga 15 persen. Beberapa jenis sayuran yang sangat direkomendasikan adalah bayam, jamur, serta brokoli.

  1. Biji-Bijian

Pakar kesehatan menyebut biji-bijian tinggi kandungan antioksidan. Kandungan ini akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin meningkat. Hal ini akan mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh, termasuk sel kanker payudara. Selain itu, biji-bijian juga biasanya tinggi kandungan vitamin C dan vitamin E yang bisa mencegah peradangan.

  1. Alpukat

Buah seperti alpukat tinggi kandungan lemak baik. Tak hanya bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah, kandungan lemak baik ini juga bisa mencegah datangnya kanker payudara. Selain alpukat, buah lainnya seperti bluberi, delima, dan kacang kenari juga bisa memberikan manfaat yang sama karena kandungan antioksidan dan vitaminnya yang tinggi.

  1. Kedelai

Kedelai dikenal luas sebagai bahan makanan yang memiliki rasa yang enak. Kita mengenal produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, hingga susu kedelai yang mudah ditemui di berbagai tempat. Di dalam kedelai terdapat kandungan isoflavon yang bisa memberikan manfaat kesehatan, termasuk dalam hal mencegah perkembangan sel-sel payudara.

Selain itu, kedelai juga bisa membuat jumlah kadar hormon estrogen di dalam tubuh meningkat. Hal ini juga bisa mencegah datangnya kanker payudara.

  1. Telur

Telur adalah salah satu jenis lauk yang sering kita konsumsi. Sebagai contoh, telur goreng bisa dijadikan menu sarapan yang nikmat. Tak disangka, rutin mengonsumsinya ternyata juga bisa membantu mencegah datangnya kanker payudara.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kolin di dalamnya. Kandungan ini bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 24 persen lebih rendah.

  1. Roti Gandum

Masyarakat Indonesia belum terbiasa mengonsumsi roti gandum karena teksturnya cenderung lebih keras dan rasanya yang berbeda dengan roti-roti pada umumnya. Selain itu, roti gandum juga lebih dikenal oleh mereka yang menerapkan diet untuk menurunkan berat badan. Padahal, pakar kesehatan menyebut roti gandum juga bisa memberikan manfaat lainnya, yakni mencegah terbentuknya sel kanker payudara.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam fitat phytonutrisi yang bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

  1. Daging Ikan Salmon

Daging ikan salmon dikenal sebagai salah satu ikan yang memiliki rasa paling enak. Mengonsumsinya secara rutin bisa membantu menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 24 persen.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan sehat seperti asam lemak omega 3, vitamin D, serta asam docosahexaenooic yang sangat tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang mampu melawan perkembangan sel-sel kanker.

 

Sumber:

  1. Mitra, Ipshita. 2017. Top 10 foods that prevent breast cancer. indiatimes.com/life-style/health-fitness/diet/top-10-foods-that-prevent-breast-cancer/articleshow/17129219.cms. (Diakses pada 3 Oktober 2019).