Terbit: 19 Mei 2018 | Diperbarui: 23 Maret 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Anda sering merasa lemas dan ngantuk saat berpuasa? Ya, lemas dan mengantuk kerap dianggap hal yang wajar terjadi saat puasa, padahal kondisi ini bisa saja terjadi akibat pemilihan makanan yang salah saat sahur lho.

Pantang saat Sahur, Makanan Ini Buat Puasa Lemas dan Ngantuk

Makanan yang Membuat Puasa Lemas

Sahur menjadi hal vital saat puasa, sehingga kita sebaiknya tidak boleh memilih makanan yang asal saat sahur ya. Pemilihan makanan yang tidak tepat tentu bisa mengganggu pemenuhan kebutuhan energi untuk beraktivitas.

Kondisi lemas dan ngantuk saat puasa akan muncul jika pemilihan makanan saat sahur adalah makanan yang memperberat kerja metabolisme, meningkatkan nafsu makan dan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi.

Inilah makanan yang dapat mengganggu pemenuhan kebutuhan energi saat puasa yang sebaiknya dihindari waktu sahur:

1. Makanan berlemak dan digoreng

Coba perhatikan, metode masak apa yang Anda gunakan untuk menu sahur Anda biasanya?

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Jika hampir semua golongan makanan, baik karbohidrat, protein atau sayur menggunakan metode goreng, maka sebaiknya Anda mulai mengubah kebiasaan makan saat sahur tersebut ya.

Perlu diketahui bahwa lemak adalah makanan yang dapat memperberat kerja metabolisme tubuh saat puasa. Lemak, apalagi dalam jumlah banyak, cenderung lambat dicerna sehingga kerja dan fungsi organ akan semakin berat.

Hal ini yang menyebabkan tubuh menjadi lemas, tidak bersemangat dan lunglai saat berpuasa.

Selain itu, lemak juga ada alami pada bahan makanan sehingga Anda sebaiknya menghindari bahan makanan tinggi lemak seperti daging yang berlemak serta unggas dengan kulitnya, ya.

2. Makanan yang rasanya manis

Minuman manis memang sangat cocok untuk menemani sahur, sayangnya hal ini justru akan membuat tubuh kita lemas lho.

Ya, makanan manis dari karbohidrat sederhana, seperti sirup, cokelat manis atau gula, akan menyebabkan tubuh merasa craving, atau menjadi sangat ingin, akan makanan manis lebih besar dan lebih cepat lapar.

Hal ini disebabkan gula dari karbohidrat sederhana cenderung memiliki rasa manis yang nikmat, serta kandungan gulanya akan membuat kadar gula darah menjadi cepat naik namun cepat pula turunnya.

Rasa craving dan lemas akibat lapar tentu akan sangat mengganggu jalannya puasa, ya.

3. Makanan dengan bumbu tambahan buatan

Apakah Anda masih menggunakan bumbu vetsin atau penyedap kemasan dalam membuat menu sahur? Jika ya, maka bisa jadi hal inilah yang menyebabkan Anda merasa lemas dan ngantuk saat puasa lho.

Mirip dengan makanan manis, bumbu ataupun makanan kemasan seperti camilan dari kemasan tinggi penggunaan bahan tambahan buatan yaitu glutamat, yang akan membuat kita menjadi craving hingga ketagihan akan makanan tersebut. Selain itu penggunaan bahan tambahan buatan yang dikonsumsi saat puasa juga akan membuat metabolisme tubuh, utamanya pencernaan, menjadi semakin berat.

4. Minuman berkafein

Anda mengonsumsi kopi, minuman berenergi atau minuman cokelat untuk menambah semangat dalam menjalankan puasa?

Kini sebaiknya hindari hal tersebut karena para pakar kesehatan telah menyebutkan bahwa minuman berkafein bersifat diuretik yang artinya meningkatkan keluaran cairan dalam tubuh

Kondisi ini tentu sangat merugikan saat puasa ya, kita bisa jadi mengalami dehidrasi parah sehingga tubuh menjadi sangat lemas.

Nah, itu dia empat jenis bahan makanan yang pantang Anda konsumsi saat sahur karena menyebabkan puasa jadi tidak lancar.

Jika Anda ingin mengonsumsi bahan makanan tersebut dalam bulan puasa, usahakan mengonsumsinya diantara setelah waktu makan utama berbuka dan sebelum tidur saja ya, serta pastikan tidak mengonsumsinya dalam porsi terlalu banyak dan jangan terlalu sering pula, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi