Kolesterol Terbuang Lewat Feses Dengan 4 Makanan Alami Ini

Doktersehat-penyebab-air kencing-berbau

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata kolesterol, maka Anda tentu mungkin sudah hafal bahwa kolesterol merupakan salah satu zat yang harus kita batasi asupan atau kontrol kadarnya dalam tubuh.

Ya, kolesterol merupakan salah satu jenis zat gizi yang dapat menyebabkan peningkatkan risiko akan berbagai penyakit dalam tubuh.

Untuk itu, ada berbagai cara yang diusahakan agar tubuh bisa mengurangi atau lebih mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain dengan cara membatasi porsi asupan makanan berlemak dan memilih jenis makanan yang rendah lemak jenuh, kita ternyata bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dengan cara meningkatkan pembuangannya melalui sisa pencernaan, atau feses.

doktersehat-kolesterol

Hal ini tentu sangat bermanfaat dan cukup mudah dilakukan, mengingat manfaat ini bisa kita rasakan dengan maksimal melalui pemilihan beberapa bahan makanan alami yang mudah kita peroleh.

Bagaimana makanan bisa membantu membuang kolesterol dari feses?

Beberapa bahan makanan memiliki kandungan zat gizi yang bisa secara efektif memengaruhi kadar lemak.

Hal ini bisa diperoleh karena beberapa zat gizi tersebut memiliki kandungan yang bersifat:

    • Menyerap kolesterol dalam tubuh

Kolesterol dalam tubuh, terbukti bisa dikurangi dengan asupan zat gizi tertentu yang terbukti memiliki fungsi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Hal ini tentu sangat bermanfaat agar kadar kolesterol dalam tubuh bisa ditekan. Salah satu zat gizi yang bisa memberikan manfaat berupa peningkatan penyerapan kolesterol dalam tubuh, adalah serat.

    • Meningkatkan pembuangan kolesterol bersama sisa pencernaan

Kolesterol dalam tubuh juga bisa dikurangi jumlahnya dengan cara meningkatkan pembuangan kolesterol melalui zat sisa tubuh.

Hal ini, umumnya akan semakin optimal dengan adanya asupan serat dalam tubuh. Selain itu, beberapa zat yang sudah terkenal mampu mendukung pembuangan kolesterol melalui feses adalah stanol dan sterol.

    • Melancarkan pencernaan

Kedua fungsi di atas, tentu akan semakin optimal jika sistem pembuangan zat sisa atau pencernaan dalam tubuh semakin lancar.

Hal ini cukup mudah dilakukan, mengingat serat sebagai zat gizi yang menyerap kolesterol dalam tubuh juga memiliki fungsi yang mampu melancarkan pencernaan.

Lantas, apa saja pilihan bahan makanan alami yang bisa membuang kolesterol tubuh melalui feses?

Berikut 4 bahan makanan alami yang mampu membuang kolesterol tubuh melalui feses:

1. Sayuran berdaun hijau, misalnya bayam, kale, kangkung

Sumber serat terbaik adalah dari bahan makanan alami yaitu sayur dan buah. Untuk jenis sayur yang mengandung jumlah dan jenis serat lengkap, adalah sayuran berdaun hijau gelap, misalnya bayam, kale, atau kangkung.

Photo Credit: Flickr.com/atlnav

Selain itu, sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli juga bisa memberikan manfaat berupa asupan asupan serat yang baik.

2. Buah yang tinggi serat, misalnya apel atau jambu

Jenis buah yang cukup mudah diperoleh dan tinggi serat adalah apel dan jambu.

doktersehat-buah-apel-harus-dicuci-dulu
pic credit: ryan harvey

Kita bisa memperoleh serat yang cukup tinggi, 4-5 gram serat, dalam satu buah apel atau jambu ukuran sedang.

3. Yoghurt berfortifikasi stanol dan sterol

Makanan yang cukup mudah diperoleh dan umum mendapatkan fortifikasi stanol dan sterol adalah yoghurt.

doktersehat-manfaat-yoghurt
Photo Credit: Flickr.com/Jaro Larnos

Stanol dan sterol terbukti memiliki manfaat yang super untuk meningkatkan penyerapan kolesterol pada pencernaan. Sedangkan yoghurt membantu pembuangan zat sisa dari pecernaan, sehingga kolesterol akan semakin banyak terbuang, bukan?

4. Makanan dengan tambahan stanol dan sterol

Selain yoghurt, beberapa bahan makanan, belakangan ini juga difortifikasi dengan stanol dan sterol, misalnya oatmeal, beberapa jenis minuman atau olahan dari buah dan sayur.

Anda bisa mengutamakan memilih bahan makanan yang difortifikasi stanol dan sterol agar pembuangan kolesterol melalui feses bisa semakin maksimal.