7 Makanan yang Membuat Wanita Mudah Lelah

ubi-jalar-doktersehat

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda merasakan lelah berlebihan setelah melakukan aktivitas ringan atau bahkan tidak melakukan apa-apa? Pernahkah Anda merasakan lelah berlebihan setelah mengonsumsi makanan tertentu? Jika pernah, Anda harus mencegahnya mulai sekarang.

Makanan Pemicu Lelah pada Wanita

Kondisi lemah berlebihan yang kadang memicu rasa kantuk itu disebabkan oleh perubahan komposisi di dalam tubuh. Kalau Anda ingin selalu sehat dan bugar khususnya saat bekerja, sebisa mungkin untuk menghindari beberapa makan di bawah ini.

Mengonsumsinya dalam jumlah terbatas mungkin tidak akan memberikan efek buruk. Namun, kalau sampai berlebihan bisa membuat aktivitas harian dari wanita terganggu.

  1. Kopi dan Olahannya

Beberapa wanita menyukai kopi karena minuman ini bisa membuat mereka jadi semangat di pagi hari. Satu gelas kopi akan membuat semangat terlecut dan tenaga seperti tidak ada habisnya. Namun, kondisi ini hanya bertahan sampai siang saja. Selebihnya Anda akan langsung merasakan lelah berlebih meski tidak melakukan hal-hal yang berat.

Kopi atau teh yang mengandung banyak kafein akan membuat tubuh mudah mengeluarkan cairan. Anda akan sering kencing dan menjelang siang, Anda akan mengalami dehidrasi kalau kebutuhan cairan harian tidak segera dipenuhi dengan maksimal. Agar kondisi lemas dan lelah berlebih tidak terjadi, usahakan untuk makan dengan porsi tepat. Selain itu, minum minimal 1-2 gelas saat siang hari.

  1. Makanan dan Minuman yang Terlalu Manis

Mengonsumsi makanan dan minuman yang manis memang bisa membuat tubuh jadi lebih kenyang dan relaks. Namun, kalau konsumsinya terlalu berlebihan bisa membuat tubuh melepas insulin terlalu banyak untuk mengatasi gula darah yang berlebih di dalam tubuh.

Gula darah yang naik dengan cepat akan membuat wanita mudah sekali merasakan kantuk dan juga capai. Kondisi ini akan bertahan selama beberapa jam sehingga pekerjaan yang dilakukan bisa terganggu karena Anda tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.

Anda boleh makan yang manis, tapi batasi. Lebih baik sesuatu yang manis itu berasal dari buah-buahan daripada gula meja.

  1. Daging Merah dan Olahannya

Mengonsumsi daging merah memang baik untuk tubuh karena bisa memberikan tambahan protein. Namun, mengonsumsi daging merah terlalu banyak ternyata menyebabkan gangguan pada tubuh berupa rasa lemas berlebihan akibat kekurangan energi yang terlalu besar.

Memecah daging merah agar bisa digunakan oleh tubuh ternyata membutuhkan banyak energi. Karena energi dialokasikan pada pencernaan makanan, tubuh jadi lemas dan akhirnya mudah capai. Kondisi ini akan semakin parah kalau daging merah juga mengandung lemak yang cukup tinggi.

  1. Pisang

Mungkin Anda akan protes kalau pisang adalah makanan yang tidak baik dikonsumsi oleh wanita khususnya saat siang. Namun, pisang dan makanan lain seperti biji labu mengandung magnesium yang tinggi. Makanan ini baik untuk membantu tubuh dalam melakukan relaksasi otot.

Kalau Anda mengonsumsi pisang saat siang hari, otot akan dipaksa untuk relaksasi. Kondisi ini tentu membuat wanita jadi mudah capai. Hanya konsumsi pisang saat akan istirahat atau tidur agar tubuh bisa mendapatkan manfaat utamanya.

Pisang sangat baik untuk Anda yang mengalami gangguan dengan tidur. Misal malam hari mengalami insomnia. Daripada Anda salah mengonsumsi makanan yang akhirnya membuat tubuh jadi tidak nyaman hingga obesitas, kenapa tidak mengonsumsi pisang saja. Selain memberikan rasa kenyang, pisang juga bisa membuat Anda mudah mengantuk.

5.Buah Ceri

Ceri dalam bentuk buah atau yang sudah diolah menjadi minuman mengandung senyawa bernama melatonin. Senyawa ini akan membuat tubuh jadi lebih relaks dan memudahkan seseorang untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dengan mudah.

Kalau buah ini dikonsumsi saat siang hari, tubuh akan merasakan relaks dan kantuk yang berlebihan. Anda yang bekerja di kantor tentu akan susah konsentrasi dan setelah bekerja merasakan lelah yang berlebih.

  1. Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah salah satu makanan yang bisa dikonsumsi kalau Anda sulit sekali tidur. Kalau Anda sedang baik-baik saja, minuman atau makanan yang terbuat dari cokelat hitam bisa membuat Anda jadi mudah lelah dan mengantuk. Kondisi ini sebenarnya bukan efek buruk karena cokelat mengandung serotonin.

Seperti yang kita tahu, serotonin memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya untuk memberikan rasa nyaman dan meredakan nyeri. Itulah kenapa wanita yang sedang menstruasi banyak menggunakan makanan ini untuk meredakan nyerinya.

  1. Ubi

Ubi memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Sayangnya kalau dikonsumsi secara berlebihan justru membuat tubuh jadi tidak nyaman. Anda bisa saja mengalami lemas atau mengantuk karena kadar karbohidratnya tinggi. Gunakan ubi sebagai pengganti nasi setiap harinya.

Meski bisa menyebabkan kantuk, mengonsumsi ubi akan membuat Anda jadi tidak mudah lapar. Efek awal memang menyenangkan, selebihnya Anda akan biasa saja. Gangguan seperti sembelit juga tidak akan muncul karena serat pangannya tinggi.

Nah, dari tujuh makanan di atas, mana kira-kira yang sering memberikan masalah lelah pada tubuh Anda? Makanan di atas juga memiliki efek yang sama pada pria kalau dikonsumsi secara berlebihan. Dari beberapa makanan di atas mana saja yang sering Anda makan?

 

 

Sumber:

  1. Wolff, Carina. 2016. 11 Foods To Eat If You’re Tired, Because You Don’t Have To Rely On Just Coffee For Energy. https://www.bustle.com/articles/169631-11-foods-to-eat-if-youre-tired-because-you-dont-have-to-rely-on-just-coffee. (Diakses pada 27 Oktober 2019)
  2. Picard, Caroline. 2019. 17 Sneaky Foods That Make You Sleepy. https://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/g796/sleep-inducing-foods/. (Diakses pada 27 Oktober 2019)
  3. Weatherspoon, Deborah. 2018. Why do people feel tired after eating?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323379.php. (Diakses pada 27 Oktober 2019)
  4. Breslau, Ellen. 2015. 6 Surprising Foods That Make You Tired. https://www.huffpost.com/entry/6-surprising-foods-that-make-you-tired. (Diakses pada 27 Oktober 2019)