Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat Lebaran tiba, ada banyak sekali hidangan atau makanan yang disajikan. Tidak hanya di rumah sendiri saja, di rumah saudara dan teman juga ada banyak hidangan yang membuat Anda ingin menyantap semuanya hingga habis.

7 Jenis Hidangan Lebaran yang Membuat Wajah Cepat Tua

Pada momen Lebaran ini Anda boleh menyantap apa saja hingga puas. Namun, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar tubuh tidak mengalami gangguan kesehatan dan wajah tidak mengalami gangguan penuaan dini.

Kalau Anda tidak ingin mengorbankan wajah yang mengalami penuaan dini akibat Lebaran, sebisa mungkin untuk membatasi jenis makanan di bawah ini.

  1. Makanan yang terlalu manis

Saat Lebaran ada banyak makanan yang terlalu manis dihidangkan di atas meja. Saat berkunjung ke rumah saudara atau ke rumah teman, kita akan memakannya karena tidak enak jika tidak menyantap sama sekali.

Jika setiap rumah Anda mengantapnya lebih dari sekali, timbunan gula atau karbohidrat sederhana di dalam tubuh akan meningkat cukup banyak. Anda akan cepat kenyang dan kemungkinan terjadi penimbunan lemak akan terjadi.

Makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan kerusakan kolagen pada kulit. Selain itu, gula yang terkandung di dalamnya juga bisa merusak gigi.

  1. Daging berlemak

Jangan terlalu banyak mengonsumsi daging yang berlemak. Meski olahan daging sangat nikmat dan banyak dihidangkan saat Lebaran, lebih baik dihindari atau dikurangi porsinya.

Kandungan lemak pada daging bisa menyebabkan timbunan lemak pada tubuh. Kondisi ini bisa berdampak pada kelembapan kulit khususnya di area wajah.

  1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng juga mengandung cukup banyak lemak, bahkan jenis lemaknya cukup berbahaya. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan yang digoreng apa pun jenisnya agar tidak membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Lebih baik perbanyak buah dan sayur saat Lebaran. Makanan tersebut justru baik untuk tubuh khususnya pencernaan.

  1. Makanan yang terlalu asin

Makanan yang terlalu asin akan membuat tubuh mengikat air dalam jumlah yang cukup banyak. Air yang terlalu banyak dalam tubuh khususnya lapisan kulit bisa menyebabkan munculnya efek sembab yang membuat kita jadi terlihat tua.

Jangan terlalu banyak menyantap hidangan yang asin. Selain itu, coba kendalikan apa  yang dimakan khususnya dari camilan. Kita cenderung tidak bisa mengontrol diri sehingga saat makan keripik tidak ada kontrol sama sekali.

  1. Kopi dan soda berlebihan

Kopi memiliki kandungan kafeina yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa menyebabkan tubuh mengalami penurunan cairan akibat efek diuretik. Kalau tubuh mengalami penurunan cairan, kulit akan terlihat lebih kusam dari sebelumnya.

Selanjutnya kalau yang dikonsumsi secara berlebihan adalah soda, kandungan gula yang terkandung di dalamnya bisa membuat tubuh mengalami penumpukan gula dan memicu diabetes.

  1. Makanan kemasan

Makanan kemasan dengan bahan pengawet juga banyak bermunculan di meja saat Lebaran. Anda disarankan untuk tidak banyak mengonsumsinya karena kandungan garam dan bahan kimia untuk mengawetkannya bisa membuat tubuh terlihat tua.

Lebih baik mengonsumsi hidangan lain yang lebih aman dan diolah langsung tanpa perlu tambahan bahan pengawet.

  1. Minuman mengandung alkohol

Alkohol yang dikonsumsi saat Lebaran bisa menyebabkan gangguan tidur dan dehidrasi. Kalau Anda sampai mengalami gangguan tidur, kulit akan menjadi lebih kisut. Kondisi ini akan semakin parah kalau tubuh mengalami dehidrasi yang cukup akut akibat sering kehausan.

Nah, tidak mau kan selesai Lebaran kulit jadi lebih kusam dan Anda terlihat lebih tua dari sebelumnya? Mari lebih menjaga kesehatan dan mengontrol apa yang dimakan agar tubuh tetap terlihat lebih muda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi