3 Makanan Berprotein yang Menyehatkan Kulit

doktersehat-salmon
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Apa lauk makanan utama yang biasanya Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit? Umumnya, makanan yang dianggap mampu menjaga kesehatan kulit adalah makanan yang berasal dari sayur atau buah-buahan, ya.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa beberapa jenis makanan berprotein, atau yang umum dikonsumsi sebagai lauk makan utama, juga bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kulit?

Ya, ternyata ada beberapa jenis makanan berprotein yang mampu memberikan manfaat super untuk kesehatan kulit.

Penasaran apa saja sih jenis bahan makanan berprotein yang bisa menyehatkan kulit? Yuk, sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Kandungan zat dan gizi pada makanan berprotein yang baik untuk kulit

Berbeda dengan sayur dan buah, makanan berprotein hewani memiliki beberapa jenis kandungan gizi yang cukup unggul dan tidak bisa diperoleh dari sayur dan buah.

Hal ini tentu wajar mengingat jenis bahan makanna yang berbeda akan memiliki karakteristik kandungan zat gizi yang berbeda pula.

mengencangkan-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Pada makanan berprotein, baik hewani ataupun nabati, memiliki kandungan beberapa jenis vitamin unggul, misalnya vitamin B yang lebih mudah serap. Selain itu, jenis fitonutrien atau antioksidan yang ada pada makanan berprotein juga berbeda dengan yang ada pada buah dan sayur.

Tidak hanya itu, makanan berprotein cenderung memiliki kandungan lemak. Meskipun kerap dianggap sebagai zat yang berbahaya, nyatanya beberapa jenis lemak dan turunannya juga diperlukan untuk membentuk sel kulit yang lebih optimal dan sehat.

Nah, lemak yang ada pada makanan berprotein, baik lemak nabati maupun lemak hewani ini, asalkan dipilih jenis dan porsinya dengan tepat, bisa memberikan manfaat yang super hebat tersebut untuk kulit.

Lantas, apa saja sih makanan berprotein hewani yang menyehatkan kulit?

Berikut tiga jenis makanan berprotein yang memiliki kandungan zat yang unggul untuk kesehatan kulit:

1. Tahu

doktersehat-tahu-kedelai-protein-tempeTahu merupakan salah satu bahan makanan berprotein nabati yang cukup mudah diperoleh, tak heran makanan olahan dari kacang kedelai ini, tidak hanya digunakan sebagai lauk makanan utama, namun juga sangat cocok dijadikan camilan.

Tahu ternyata merupakan salah satu makanan sumber protein yang bisa memberikan manfaat untuk kulit. Hal ini disebabkan kandungan zat antioksidan, jenis isoflavon yang tinggi pada tahu.

Suatu penelitian di Amerika membuktikan bahwa tahu efektif melindungi kulit dari kerusakan pada kulit akibat paparan sinar UV yang terbukti pada hewan coba.

2. Ikan tuna

Ikan tuna sudah terkenal dengan kandungan omega 3-nya yang tinggi. Hal ini ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan jantung dan tubuh secara umum, namun juga super sehat untuk kulit.

Omega 3 pada ikan tuna disebut mampu memberikan manfaat berupa pencegahan terhadap kanker kulit, menghaluskan kulit, dan membuat kulit nampak awet muda.

Manfaat tersebut tentu tidak bisa lepas dari fungsi omega 3 yang mampu memberikan efek anti peradangan dan melawan radikal bebas pada sel tubuh termasuk kulit.

3. Ikan salmon

Selain tuna, ikan salmon juga memiliki kandungan omega 3 yang baik. Tidak hanya itu, ikan salmon juga terbukti memiliki kandungan EPA dan DHA yang juga baik untuk kesehatan kulit.

doktersehat-salmon
pic credit: jules

Kombinasi kandungan omega 3, EPA dan DHA merupakan kombinasi yang tepat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas.

Hal ini juga telah terbukti, dimana konsumsi ikan salmon sebagai makanan rutin bisa memberikan perlindungan pada kanker kulit dengan lebih maksimal.