Makanan Berlemak Bisa Sebabkan Sakit Perut

nyeri-perut-bawah-wanita-doktersehat

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika sakit perut disebabkan oleh makanan pedas saja. Padahal, bisa jadi hal ini disebabkan oleh hal lain seperti penyakit maag, makanan yang kurang higienis, atau bahkan karena makanan berlemak. Sebenarnya, bagaimana bisa makanan berlemak juga bisa menyebabkan datangnya sakit perut?

Pakar kesehatan dr. Muffazal Lakdawala dari India menyebutkan bahwa sakit perut yang disebabkan oleh peningkatan produksi gas di dalam perut memang sering terjadi, namun kondisi ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Bisa jadi hal ini terkait dengan gangguan pencernaan yang serius atau kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

“Sakit perut yang disebabkan oleh produksi gas di dalam perut bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, mereka yang sedang mengalami stres atau baru saja merokok juga bisa mengalami hal yang sama,” ungkap dr. Muffazal.

Salah satu kasus sakit perut yang disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak adalah yang dialami oleh aktris Holywood Jennifer Lawrence. Lawrence sering mengeluhkan nyeri perut dan kram. Ternyata penyebabnya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak atau makanan yang digoreng. Gejala dari kondisi ini juga disertai dengan mual-mual, muntah, hingga nyeri pada ulu hati.

Melihat adanya fakta ini, dr. Muffazal pun menyarankan kita untuk menghindari makanan berlemak dan tak lagi merokok. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup setiap hari. Dengan melakukannya, maka kita tak hanya akan mencegah sakit perut, melainkan juga mencegah munculnya luka di dalam perut, refluks asam lambung, batu empedu, iritasi usus besar, hingga kanker pada beberapa organ pencernaan.

Cara lain yang bisa kita lakukan demi mencegah sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya adalah rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari, tidak lagi melewatkan waktu makan, rajin berolahraga meskipun itu hanya berjalan kaki atau melakukan sit-up, tidur cukup setiap malam, dan tidak lagi merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, jangan sembarangan minum kopi dalam kondisi perut kosong atau jika kita mengalami gangguan asam lambung.