Kolesterol Tinggi Tidak Selalu Karena Makanan Berlemak

kolesterol-tes-doktersehat

DokterSehat.Com– Apa yang akan kita pikirkan pertama kali jika membahas tentang masalah kolesterol tinggi? Biasanya kita akan langsung berpikir tentang makanan berlemak. Dalam realitanya, makanan berlemak memang menjadi salah satu pemicu masalah kolesterol tinggi, apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ada penyebab lain masalah kolesterol tinggi selain makanan berlemak.

Faktor pikiran, khususnya mengalami stres akibat pekerjaan atau sedang menghadapi masalah yang cukup pelik ternyata juga bisa menyebabkan datangnya masalah kolesterol tinggi. Bahkan, menurut pakar kesehatan, faktor stres ini bisa menjadi dua pertiga penyebab utama masalah kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh stress yang bisa memicu produksi hormon kortisol berlebihan yang akhirnya berpengaruh besar pada kenaikan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Keberadaan stres yang mampu meningkatkan kolesterol inilah yang menyebabkan orang kurus juga rentan terkena masalah kolesterol tinggi. Padahal, banyak orang yang berpikir jika kolesterol tinggi akan cenderung menyerang orang yang gemuk. Selain itu, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang gemuk juga belum tentu memiliki kadar kolesterol yang tinggi.

Demi mencegah datangnya masalah kolesterol tinggi, selain tidak mengonsumsi makanan berlemak dengan berlebihan, kita juga harus pandai-pandai mengelola stres. Ada baiknya kita melakukan hal-hal yang menyenangkan saat stres mulai menyerang. Dengan melakukannya, maka tubuh akan bisa kembali mendapatkan pasokan hormon endorphin yang bisa membantu proses metabolisme tubuh bekerja dengan lebih baik sekaligus menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, ada baiknya kita juga lebih rajin berolahraga dan tidak merokok.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari demi menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Olahraga sederhana seperti berjalan kaki, berenang, atau bersepeda sudah cukup untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. Melakukan kebiasaan berjalan kaki ke tempat-tempat yang berjarak tidak terlalu jauh juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah masalah kesehatan ini.

Kita juga sebaiknya mulai menurunkan asupan daging-dagingan dan semakin memperbanyak konsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah demi menjaga kadar kolesterol tetap aman.