3 Jenis Makanan yang Ternyata Berbahaya Jika Dikonsumi oleh Anak-Anak

doktersehat-anak-makan-teratur

DokterSehat.Com– Segala jenis makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang dewasa, belum tentu aman jika dikonsumsi oleh anak-anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus senantiasa mengawasi makanan yang akan masuk ke dalam mulut anak. Sebab, jika Anda salah memberikan makanan kepada anak, maka akan menimbulkan dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh mereka.

Lantas, makanan apa saja yang tidak baik bagi kesehatan anak dan harus dihidari? Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya jangan diberikan kepada anak.

1. Multivitamin

Setiap orang, khususnya anak-anak, membutuhkan asupan vitamin yang cukup agar tubuh selalu sehat dan kuat. Oleh karenanya, sebagai orangtua harus selalu memberikan makanan yang mengandung vitamin yang cukup. Tak sedikit pula orang tua yang memberikan asupan multivitamin tambahan. Sebenarnya, pemberian multivitamin pada anak tidaklah sepenuhnya salah. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan ahli medis terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh anak. Sebaiknya, anak-anak diberi asupan vitamin alami seperti sayuran dan buah-buahan saja, tanpa perlu diberi suplemen atau multivitamin tambahan.

2. Anggur

Buah-buahan memang kayak akan nutris yang bagus untuk tubuh. Anak-anak hanya cukup diberikan konsumsi vitamin yang berasal dari buah-buahan saja. Namun, tidak semua buah aman dikonsumsi oleh anak, salah satunya adalah anggur. Anggur memang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak-anak. Akan tetapi, buah tersebut bisa menjadi berbahaya karena ukurannya yang besar dan licin, sehingga membuat anak mudah tersedak. Selain itu, jika anak menelan biji anggur akan menjadi masalah serius bagi kesehatan Anda.

3. Madu

Siapa yang tidak tahu akan khasiat madu? Cairan yang hampir mirip seperti sirup ini memiliki rasa yang manis dan tentu saja kaya akan manfaat baik untuk kesehatan. Maka tak heran jika banyak orang yang menjadikan madu sebagai ramuan herbal untuk mengatasi masalah kesehatan. Mungkin bagi orang dewasa madu memiliki manfaat yang sangat luar biasa, namun tidak bagi anak usia di bawah 2 tahun. Hal ini dikarenakan anak usia di bawah 2 tahun tidak boleh mengonsumsi madu karena bisa menimbulkan alergi. Selain itu, madu terkadang mengandung bakteru yang menyebabkan penyakit infeksi serius yang disebut botulisme.