DokterSehat.Com – Bunda dianjurkan memberikan ASI eksklusif pada bayi selama 6 bulan demi untuk mendukung kesehatan bayi secara optimal. Setelah 6 bulan, Anda dapat memberikan bayi makanan pendamping atau MPASI, namun memberi makan bayi 6 bulan tidak boleh sembarang. Ketahui makanan bayi 6 bulan yang boleh dan tidak berikut ini.

makanan-bayi-6-bulan-doktersehat

Makanan Bayi 6 Bulan 

Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan dan siap untuk merasakan makanan pertamanya, namun makanan seperti apa yang sehat dan sesuai untuk bayi 6 bulan?

Makanan bayi 6 bulan harus berasal dari bahan-bahan sehat, alami, sederhana, dan memiliki tekstur yang lembut. Umumnya, bayi 6 bulan diperkenalkan dengan makanan sereal, pure, atau bubur halus yang dibuat sendiri untuk mendukung asupan nutrisi dan vitamin seiring berkembangnya tubuh dan otak bayi.

Berikut ini adalah rekomendasi menu makanan bayi 6 bulan yang diperbolehkan, yaitu:

1. Bubur Beras Merah

Beras merah mengandung banyak nutrisi dan vitamin yaitu Vitamin B, asam lemak, serat, protein, kalsium, sodium, dan fosfor yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan bayi 6 bulan.

Bubur beras merah juga memiliki risiko alergi yang sangat rendah dan mudah dicerna oleh bayi, namun Anda harus membuat buburnya dengan tekstur halus dan lembut.

2. Bubur Kacang Polong

Kacang polong adalah salah satu rekomendasi makanan MPASI paling tepat karena teksturnya yang halus dan rasanya yang cocok untuk memperkenalkan bayi pada makanan padat pertama kali.

Manfaat kacang polong untuk bayi adalah baik untuk perkembangan otak dan tubuh, karena kacang polong mengandung vitamin A, C, protein, kalsium, dan zat besi.

3. Bubur Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki tekstur creamy dan lembut dengan rasa manis yang pas, jadi sangat cocok sebagai makanan bayi 6 bulan. Alpukat juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi seperti protein, sodium, kalsium, folat, serat, asam folat, seng, niasin, tiamin, riboflavin, dll.

Alpukat memang mengandung lemak yang tinggi, namun itu adalah lemak baik yang tetap aman untuk makanan bayi 6 bulan. Manfaat alpukat untuk bayi adalah untuk perkembangan otak dan tubuh bayi.

4. Bubur Pisang

Rekomendasi makanan untuk bayi 6 bulan selanjutnya adalah pure atau bubur pisang. Pisang mengandung serat, vitamin A, B6, B12, folat, kalium, dan nutrisi lainnya yang efektif untuk membantu tumbuh kembang bayi Anda.

Anda harus memilih jenis pisang dengan tekstur yang lembut untuk dibuat menjadi pure atau bubur halus, namun jangan memberi makan bayi bubur pisang terlalu banyak karena dapat menyebabkan sembelit, mengingat pencernaan bayi 6 bulan yang belum terlatih.

Baja Juga: Perkembangan Bayi 6 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa?

 

5. Ubi Jalar Rebus atau Kukus

Makanan bayi 6 bulan selanjutnya adalah ubi jalar, baik direbus atau dikukus lalu dibuat menjadi bubur lembut. Ubi jalar mengandung vitamin A, vitamin  E, beta karoten, kalsium, dan asam folat yang baik untuk pertumbuhan bayi.

Ubi jalar juga memiliki tekstur yang halus dan rasa manis alami yang tidak berlebihan untuk bayi, sangat sehat untuk makanan pertama bayi Anda.

6. Bubur Wortel

Wortel adalah salah satu makanan pertama bayi yang paling dianjurkan karena memiliki rasa yang enak dan mudah dicerna. Wortel mengandung beta karoten, vitamin A, vitamin C, kalsium, asam folat, magnesium, fosfor, dll.

Manfaat wortel untuk bayi adalah untuk perkembangan penglihatan, perkembangan otak, serta mendukung tumbuh kembang bayi secara umum. Anda dapat mengkombinasikan wortel dengan bahan alami lain setelah bayi sudah lancar dan familiar dengan makanan padat.

7. Pure Apel atau Pir

Makanan bayi 6 bulan selanjutnya adalah apel atau pir yang kemudian diolah menjadi bubur, jus, atau smoothies yang halus dan tanpa tambahan bahan lainnya. Buah-buahan ini mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin, C, vitamin K, vitamin C, serat, potasium, antioksidan, folat, dll.

Anda juga dapat memasukan berbagai jenis buah dan sayuran lainnya sebagai menu makanan bayi 6 bulan, seperti kentang, labu manis, oatmeal, bayam, legum, dan sop sayuran.

Makanan yang Dilarang untuk Bayi 6 Bulan

Berikut ini adalah daftar makanan yang dilarang untuk bayi 6 bulan, yaitu:

  • Bayi 6 bulan tidak boleh diberikan susu sapi karena mereka belum bisa mencernanya
  • Madu adalah makanan yang dilarang untuk bayi 6 bulan karena memiliki risiko botulisme atau keracunan bakteri clostridium botulinum
  • Semua jenis makanan yang digoreng
  • Semua makanan yang memiliki tekstur kasar
  • Semua makanan yang terlalu manis

Baca Juga: 4 Hal Terkait Makanan yang Sebabkan Bayi Sembelit

Bagaimana Tekstur Makanan Bayi 6 Bulan?

Bayi 6 bulan baru pertama kali diperkenalkan dengan makanan padat, jadi Anda harus membuat makanan dengan tekstur yang sangat halus seperti jus, sereal halus, pure atau bubur halus. Selain itu, pencernaan bayi masih lemah dan belum siap sehingga makanan yang sedikit kasar atau berlebihan dapat menyebabkan sembelit.  

Anda juga harus mengolah makanannya dengan cara yang benar agar tidak merusak kandungan nutrisi di makanan tersebut. Bila Anda ingin mengkombinasikan 2 bahan dalam 1 menu, sebaiknya Anda harus menyesuaikannya dengan perkembangan bayi Anda.

Anda dapat mencampur 1 sdt bubur halus dengan 4-5 sdt ASI atau susu formula untuk mendapatkan tekstur makanan bayi 6 bulan yang agak cair dan lembut. Bila bayi Anda sudah mulai terbiasa dengan makanan padat dan pencernaannya lancar, Anda dapat mengentalkan makanan sedikit demi sedikit tetap dengan tekstur yang lembut.

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

Perlu diingat bahwa makanan bayi 6 bulan hanyalah sebagai makanan pendamping ASI, bukan asupan utama bayi Anda. ASI atau susu formula tetap menjadi sumber asupan nutrisi utama bayi, dan dalam satu hari bayi 6 bulan cukup diberikan MPASI sebanyak sekitar 2 ons saja.

Berikut ini adalah jadwal makan bayi 6 bulan, yaitu:

  • Pagi Hari Sekali: ASI atau susu formula
  • Sarapan: MPASI seperti bubur apel, bubur kacang polong, atau disesuaikan dengan menu yang diinginkan
  • Menjelang Siang: ASI atau susu formula
  • Makan Siang: MPASI dengan menu yang disesuaikan
  • Sore: ASI atau susu formula
  • Malam: ASI atau susu formula

Anda dapat membuat berbagai menu makanan untuk bayi 6 bulan sambil memerhatikan jenis makanan apa yang bisa dicerna dengan baik oleh bayi Anda. Bila bayi Anda mengalami sembelit, ketahui 6 cara mengatasi sembelit pada bayi.

Perkembangan setiap bayi berbeda-beda. Bayi Anda mungkin tidak cocok dengan rekomendasi menu makanan bayi 6 bulan yang disebutkan sebelumnya karena pencernaannya yang belum siap atau faktor lainnya.

Bila perlu, Anda dapat berkonsultasi pada dokter atau bidan Anda tentang makanan untuk bayi 6 bulan yang sesuai dengan perkembangan bayi Anda.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

 

Sumber:

  1. de Gramont, Bernadette Machard. 2015. 21 Homemade Baby Food Recipes. https://www.healthline.com/health/childrens-health/homemade-baby-food-recipes. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  2. Arora, Mahak. 2019. 6 Months Old Baby Food Ideas. https://parenting.firstcry.com/articles/6-month-old-baby-food-ideas-chart-recipes-and-feeding-tips/. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  3. Kotlen Nagin, Melissa. 2019. Breastfeeding Stages From Birth to 12 Months and Beyond. https://www.verywellfamily.com/breastfeeding-by-stage-431726. (Diakses pada 31 Oktober 2019).
  4. Unicef Parenting. 2019. Feeding your baby: 6–12 months. https://www.unicef.org/parenting/food-nutrition/feeding-your-baby-6-12-months. (Diakses pada 31 Oktober 2019).