Terbit: 22 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wasir atau ambeien adalah salah satu masalah kesehatan yang paling banyak dialami oleh masyarakat modern. Bagaimana tidak, gaya hidup kurang gerak seperti terlalu banyak duduk, buang air besar terlalu lama, sering mengejan, sekaligus pola makan yang buruk menjadi pemicu datangnya penyakit ini. Masalahnya adalah, wasir tak hanya membuat sensasi tidak nyaman pada pantat saat duduk. Terkadang, wasir bisa membengkak atau berdarah sehingga membuat kita ketakutan.

Makanan Terbaik Bagi Penderita Wasir

Memilih makanan bagi penderita wasir

Demi mencegah peradangan atau pembengkakan pada wasir yang diderita, pakar kesehatan menyarankan penderita penyakit ini untuk lebih selektif dalam memilih makanan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang aman dan dianjurkan bagi penderita wasir.

  1. Brokoli

Sayuran dengan bentuk yang unik dan rasa yang nikmat ini ternyata sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita waasir. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan vitamin, mineral, dan serat di dalamnya. Serat misalnya, akan membantu kelancaran kinerja saluran pencernaan yang tentu akan mencegah datangnya peradangan pada wasir yang diderita.

  1. Jus lobak

Jus lobak termasuk dalam minuman yang dianggap mampu meredakan wasir. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsinya setiap hari. Pada awalnya, jus lobak bisa dikonsumsi sebanyak seperempat gelas saja, namun lama-kelamaan kita bisa menambah porsinya menjadi setengah gelas atau segelas penuh demi mendapatkan manfaat kesehatan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

  1. Jeruk nipis dan jahe

Campuran air jeruk nipis dan jahe juga sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita wasir. Pakar kesehatan menyarankan penderita wasir untuk meminumnya dalam kondisi hangat setidaknya dua kali setiap hari. Selain meringankan gejala wasir, mengonsumsi minuman ini juga bisa mencegah datangnya dehidrasi, kondisi yang juga bisa menyebabkan datangnya wasir.

  1. Kunyit

Bahan rempah lain yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita wasir adalah kunyit. Hal ini disebabkan oleh adanya sifat anti inflamasi yang bisa membantu menyembuhkan wasir. Untuk mengonsumsinya, kita perlu merebus kunyit di dalam air terlebuh dahulu. Setelah matang, kita bisa meminum air rebusan ini setiap hari.

  1. Buah pepaya

Buah pepaya dikenal luas sebagai makanan yang tinggi serat sehingga baik untuk untuk kesehatan pencernaan. Pepaya juga dianggap sebagai salah satu solusi bagi kita untuk mengatasi sembelit. Sebagai informasi, sembelit bisa membuat peradangan pada wasir menjadi semakin parah. Dengan makan pepaya, tak hanya sembelit yang mereda, peradangan pada wasir juga bisa disembuhkan dengan efektif.

  1. Buah pisang

Buah lainnya yang disebut-sebut bisa mengatasi masalah sembelit dengan efektif adalah buah pisang. Buah ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Mengonsumsinya akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar sekaligus membuat kinerja usus besar dalam menyerap cairan dari makanan yang kita konsumsi menjadi semakin membaik. Rutin mengonsumsinya tentu akan membantu meredakan wasir dengan efektif.

  1. Ramuan buah ara

Pakar kesehatan menyarankan penderita wasir untuk mengonsumsi ramuan buah ara secara rutin untuk mengatasi masalah kesehatannya. Untuk membuat ramuan ini, kita hanya perlu merendam buah ara kering di dalam segelas air semalaman. Air rendaman inilah yang kita konsumsi di pagi dan malam hari.

  1. Kulit buah delima

Penderita wasir juga sangat disarankan untuk mengonsumsi air rebusan kulit buah delima jika ingin mengatasi masalah kesehatan yang dialaminya. Minuman ini juga bisa dikonsumsi satu atau dua kali sehari.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memeriksakan kondisi wasir ke dokter jika peradangan terus terjadi agar tidak menjadi semakin parah dan membahayakan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi