DokterSehat.Com– Flu saat sedang puasa tentu sangat mengganggu ya. Aktivitas yang tetap padat dengan waktu makan yang terbatas tentu tak jarang kadang membuat daya tahan tubuh menjadi turun. Jika flu sudah datang menyerang, maka pemilihan makanan saat berbuka hingga sahur sebaiknya harus dilakukan dengan tepat agar kondisi flu bisa segera diatasi.

doktersehat-makanan-flu-puasa

Pemilihan makanan yang tepat akan sangat mendukung penyembuhan flu dengan optimal. Hal ini dilakukan dengan memilih bahan makanan hingga minuman dengan suhu atau kandungan gizi tertentu yang telah terbukti efektif mampu mengatasi flu, diantaranya adalah:

1. Mengonsumsi minuman atau cairan dengan suhu hangat saat berbuka hingga sahur

Sebagian besar orang menjadi tidak ingin minum saat sedang mengalami flu, padahal minum dengan pilihan suhu yang tepat justru akan mendukung kesembuhan flu, lho.

Ya, minum dengan suhu hangat, utamanya saat baru berbuka, akan sangat baik untuk mendukung tubuh terhidrasi, tenggorokan lebih lembab serta pengenceran lendir terdukung yang membuat hidung tersumbat saat flu bisa teratasi.

Beberapa studi menganjurkan konsumsi minuman hangat berupa teh herbal dari rempah alami, misalnya teh dari bunga, tambahan bubuk jahe. Hal ini akan membuat tenggorokan lebih baik dan tubuh lebih rileks dengan adanya aroma dari bahan alami tersebut.

Selain itu, teh dengan lemon atau tambahan madu sangat dianjurkan saat berbuka, namun sebaiknya saat berbuka konsumsi 1-2 gelas air putih terlebih dahulu sebelum mengonsumsi minuman-minuman tersebut, ya.

Sedangkan untuk sahur, minuman atau cairan bersuhu hangat yang dianjurkan dikonsumsi adalah sup hangat dengan kaldu alami. Tentu hal ini tidak hanya nikmat namun juga mampu mengatasi kondisi flu.

2. Mengonsumsi bahan makanan tinggi vitamin C

Saat mengalami flu, utamakan memilih sayur dan buah yang kaya akan vitamin C ya. Pilihlah buah dan sayur yang berwarna merah oranye seperti wortel, paprika merah, cabai, buah jeruk, stroberi atau apel.

Pastikan Anda mengonsumsi buah dan sayur kaya vitamin C dalam porsi yang cukup yaitu minimal lima porsi dalam sehari.

Usahakan untuk memenuhi angka kebutuhan ini dengan mengonsumsi 2 porsi makanan kaya vitamin C saat berbuka, misalnya sayur dengan wortel dan jus stroberi. Konsumsi 1-2 porsi camilan setelah tarawih yang kaya akan vitamin C, misalnya smoothies atau salad buah, serta 1-2 porsi buah dan atau sayur yang kaya akan vitamin C saat sahur, misalnya sayur paprika dengan buah potong.

Dengan mengonsumsi bahan makanan tinggi vitamin C seperti porsi di atas, maka kebutuhan harian vitamin C tubuh yang meningkat karena kondisi flu akan terpenuhi.

3. Konsumsi madu

Ada berbagai studi yang menyebutkan bahwa madu terbukti lebih efektif dalam memberikan manfaat penyembuhan flu, lho. Ya, untuk itu ada baiknya kita memanfaatkan madu saat sedang mengalami kondisi flu saat puasa.

Anda boleh mengganti sementara penggunan gula dengan madu yang lebih tinggi antioksidan untuk minuman teh atau susu, selama mengalami flu saat puasa. Penggunaan madu pada camilan buah atau takjil seperti kolak juga boleh dilakukan, namun tetap batasi penggunaan madu maksimal 5-6 sendok dalam satu hari, ya.

Nah, itu dia tiga jenis bahan makanan yang bisa kita manfaatkan untuk mengatasi kondisi flu saat puasa. Satu hal lagi yang perlu di perhatikan adalah cukup tidur atau istirahat siang, hal ini bisa mendukung penyembuhan flu lebih maksimal.

Selain itu, jika flu Anda rasa cukup parah serta mengganggu aktivitas puasa maka berkonsultasi dengan dokter bisa Anda lakukan agar Anda bisa mendapatkan penanganan maksimal untuk mengatasi flu, ya.