6 Makanan Anti Penuaan Dini yang Bisa Dikonsumsi Wanita dan Pria

makanan-awet-muda-doktersehat

DokterSehat.Com РSetelah dewasa tubuh akan terus melakukan tumbuh tapi dalam bentuk penuaan. Kita akan mengalami penuaan secara fisik baik di organ bagian dalam dan bagian luar seperti kulit. Ada beberapa makanan anti penuaan dini yang bisa dikonsumsi wanita maupun pria.

Pilihan makanan anti penuaan dini

Penuaan pada tubuh bisa dicegah dengan mengubah apa yang kita makan. Anda bisa melakukan diet atau cukup dengan mengikutkan beberapa makanan atau bahan makanan di bawah ini setiap hari.

  1. Paprika merah

Paprika merah memang tidak memiliki rasa pedas seperti halnya cabai lainnya. Namun, sayuran ini mengandung banyak sekali antioksidan yang sangat besar. Kandungan ini bisa digunakan untuk mencegah penuaan dini dan juga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas seperti flu atau batuk.

Selanjutnya kandungan vitamin C juga menunjang pembentukan kolagen pada kulit sehingga terlihat lebih mudah. Paprika dengan warna merah juga mengandung carotenoid. Zat aktif ini berguna untuk mencegah terjadinya inflamasi pada tubuh. Selanjutnya perlindungan juga akan terjadi sehingga kulit akan aman dari cahaya matahari, polusi, dan racun.

  1. Pepaya

Pepaya mengandung cukup banyak antioksidan yang membantu melindungi tubuh khususnya bagian kulit. Dengan rutin mengkonsumsi pepaya, elastisitas dari kulit alam terjaga dengan baik. Beberapa antioksidan yang terkandung juga menunda tanda penuaan dini pada kulit.

  1. Brokoli dan bayam

Brokoli mengandung elemen anti inflamasi dan juga sekelompok antioksidan yang membantu menunda penuaan seperti folat dan vitamin C serta K. Brokoli bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, dimasak, atau dibuat jus.

Selanjutnya bayam juga mengandung banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Sayuran ini juga mengandung zat besi yang berguna untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk mengatasi penuaan dini.

Buah yang mengandung asam lemak ini mampu mengatasi inflamasi pada tubuh. Rutin mengonsumsi alpukat akan mempromosikan kesehatan sel hingga penuaan tidak akan terjadi atau bisa dicegah.

Selain asam lemak yang berguna untuk agen anti inflamasi, buah dengan warna hijau kekuningan ini juga mengandung beberapa nutrisi yang berguna untuk mencegah penuaan pada tubuh khususnya pada kulit. Kandungan alpukat terdiri dari vitamin K, C, E, dan A. Selanjutnya ada juga zat karotenoid yang berguna melindungi kulit dan mencegah kanker.

  1. Ubi

Ubi yang memiliki daging berwarna oranye memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh.

Salah satu manfaat yang bisa diberikan oleh umbi akar ini adalah kandungan vitamin A dan betakaroten yang banyak. Bahan aktif ini akan membuat kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan terlihat lebih cerah.

Dengan mengkonsumsi ubi dalam bentuk rebus atau diolah menjadi makanan lainnya, Anda juga mendapatkan vitamin C dan E. Vitamin ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Kulit yang tetap terjaga akan selalu terlihat lebih muda.

  1. Kacang-kacangan

Beberapa jenis makanan baik sekali untuk kesehatan khususnya untuk menjaga tubuh dari risiko penyakit diabetes yang mematikan. Kalau Anda rutin mengonsumsi walnut atau pistachio, risiko penyakit gula darah itu bisa dicegah dan tubuh tidak akan mengalami obesitas yang berlebihan.

Selanjutnya beberapa jenis kacang seperti almond juga bermanfaat untuk tubuh khususnya dalam hal menjaga kesehatan memori atau otak. Anda tidak akan mengalami kepikunan saat tua dan pikiran akan selalu terjaga dengan baik sejak usia 40 tahun ke atas.

Cara mencegah penuaan dini yang bisa dicoba

Penuaan dini memang bisa terjadi karena kita salah mengonsumsi makanan selama bertahun-tahun.

Itulah kenapa kita disarankan mengubah pola makan dan diet dengan bahan beberapa makanan di atas. Selain itu, kalau ingin tampil awet muda, Anda juga harus melakukan beberapa hal di atas.

  • Melakukan olahraga secara rutin setiap harinya. Olahraga dilakukan dengan kemampuan tubuh masing-masing. Kalau Anda hanya bisa melakukan jalan dan jogging, lakukan itu secara rutin. Namun, kalau bisa angkat beban, lakukan juga agar tubuh mudah melakukan regenerasi khususnya di kulit wajah.
  • Tidak sering terpapar zat kimia yang menyebabkan sel kulit jadi cepat mai dan kusam. Biasanya kalau berada di jalanan, asap dan debu akan membuat kulit menjadi mudah tua dan akhirnya menyebabkan gangguan pada kulit hingga pernapasan.
  • Tidak terlalu banyak mengonsumsi gula atau karbohidrat sederhana. Gula yang terlalu banyak akan menyebabkan gula darah naik terus-menerus. Akhirnya Anda berpotensi mengalami diabetes. Selain diabetes, Anda juga akan mengalami kegemukan atau obesitas yang membuat tubuh terlihat makin tua.
  • Jangan sesekali merokok dan melakukannya terus-menerus. Rokok mengandung banyak sekali racun yang sangat berbahaya. Racun ini menyebabkan masalah pada tubuh seperti kematian sehingga berpotensi memicu sel karsinogen di dalam tubuh.
  • Hindari atau kurangi konsumsi alkohol yang berlebihan. Alkohol bisa meningkatkan gula darah dengan cepat dan juga bisa meracuni tubuh. Akibatnya penuaan bisa terjadi dengan lebih cepat lagi.

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang bisa digunakan untuk mencegah atau memperlambat penuaan. Anda bisa mengonsumsi makanan di atas setiap hari dengan melakukan variasi agar tidak bosan. Makanan di atas juga bisa dikonsumsi oleh pria karena efek yang ditimbulkan akan sama. Jadi, Anda dan pasangan bisa sama-sama berusaha agar awet muda.