Super! Anti Ngantuk saat Nonton Bola dengan 5 Makanan Ini!

doktersehat-kebaikan-almond

DokterSehat.Com– Ngantuk jadi penyebab utama Anda tidak menonton perhelatan bola piala dunia yang sekarang sedang berlangsung?

Wah, hal ini tentu sangat mengganggu apalagi jika yang bermain adalah tim nasional kesayangan, ya. Meskipun tidak boleh dilakukan terlalu sering, nyatanya ada banyak orang yang sengaja begadang demi nonton bola.

Nah, jika Anda sedang berencana untuk begadang untuk nonton bola, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan baik agar tetap fit dan tubuh tidak ngantuk.

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih bahan makanan yang tepat.

menonton_sepakbola_televisi_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/bensutherland

Jika biasanya minuman yang menjadi senjata pelawan ngantuk adalah kopi, maka kini Anda perlu mengenal lebih jauh lagi apa saja makanan dan minuman yang juga mampu menangkal ngantuk dengan baik.

Kandungan zat dan gizi pada makanan dan minuman yang membuatnya mampu melawan ngantuk

Makanan dan minuman yang mampu melawan ngantuk, adalah makanan yang mengandung kafein, vitamin, mineral dan cairan.

Kafein dapat menekan rasa ngantuk karena memberikan efek berupa peningkatan tekanan darah yang membuat metabolisme tubuh menjadi lebih fit.

Vitamin dan mineral yang ada pada bahan makanan memberikan asupan zat mikronutrien yang penting dalam mendukung fungsi sistem dan organ tubuh, sedangkan cairan dapat meghidrasi tubuh dan otak sehingga dapat melakukan fungsinya lebih optimal dan tubuh tidak lemas.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, beberapa makanan dan minuman yang bisa kita pilih sebelum begadang saat nonton bola adalah:

1. Kopi

Kopi, utamanya jenis espreso, merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan kafein paling tinggi diantara jenis olahan makanan lainnya.

Anda bisa memilih kopi sebagai minuman untuk persiapan begadang yang tepat, namun pastikan Anda tetap membatasi porsinya tidak lebih dari 2 porsi, atau setara dengan 400 ml dalam sehari, ya.

Agar lebih sehat, usahakan untuk menggunakan pemanis yang lebih rendah gula, misalnya kayu manis atau dari cita rasa lainnya misalnya susu.

2. Buah alpukat

Pilih buah alpukat jika Anda sedang berencana akan begadang pada malam hari untuk nonton bola.

Selain padat vitamin dan mineral, buah alpukat mampu memberikan asupan lemak baik dan mampu mengenyangkan tubuh dengan kandungan serat dan lemak baik yang tinggi pada alpukat.

alpukat-avocado-doktersehat-1024

Anda bisa mengonsumsi satu buah alpukat utuh untuk memenuhi 1/5 kebutuhan konsumsi buah dan sayur harian Anda. Sama seperti kopi, Anda sebaiknya tidak menambahkan banyak gula atau cokelat manis saat mengonsumsi alpukat, ya.

3. Kacang almond

Jika biasanya Anda mengonsumsi kacang tanah saat nonton bola, kini Anda bisa mengganti pilihan konsumsi kacang dengan jenis kacang almond agar Anda mampu melawan rasa ngantuk dengan lebih baik.

Manfaat-minyak-almond-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/HealthAlicousNett – HealthAliciousNess.com

Kandungan vitamin dan mineral yang padat pada kacang almond terbukti mampu memberikan manfaat lebih banyak kadar dan jenisnya ketimbang kacang jenis lain, kacang almond juga mampu memberikan asupan lemak baik yang bermanfaat untuk tubuh.

4. Buah pisang

Buah pisang termasuk buah padat vitamin dan mineral yang mudah diperoleh dan mampu memberikan manfaat optimal untuk mencegah ngantuk.

Selain itu, buah pisang juga kaya akan kandungan kalium yang berperan baik untuk fungsi jantung dan peredaran darah sehingga metabolisme tubuh saat begadang bisa lebih maksimal dan tubuh jadi semakin fit saat begadang, bukan?

5. Teh kental

Selain kopi, minuman yang banyak digemari ini juga memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Anda bisa mengonsumsi teh dengan konsistensi kental saat begadang untuk nonton bola.

teh-hitam-untuk-merawat-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Tidak hanya manfaatnya yang mampu melawan kantuk namun Anda juga akan mendapatkan manfaat kesehatan dari kandungan antioksidan yang tinggi dari konsumsi teh.