Terbit: 1 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Adakah makanan atau minuman tertentu yang sering Anda konsumsi saat sedang sakit? Biasanya ketika tubuh sedang sakit perawatan yang penting diperhatkan adalah konsumsi obat, asupan gizi yang cukup, dan bersitirahat, ya.

Mirip Obat, 4 Makanan Alami Ini Bantu Tubuh Cepat Sembuh

Akan tetapi tahukah Anda bahwa kita ternyata bisa memanfaatkan kandungan zat alami yang ada beberapa bahan makanan untuk membantu penyembuhan diri dengan lebih cepat, lho.

Kandungan zat dan gizi pada makanan untuk menyembuhkan sakit

Ya, ternyata ada beberapa kandungan zat dan gizi khusus pada bahan makanan alami yang memiliki khasiat mirip obat bagi tubuh.

Akan tetapi, bukan berarti hal ini bisa dijadikan satu-satunya senjata untuk menyembuhkan berbagai penyakit, ya. Pengobatan secara tuntas tentu akan diperoleh dengan obat yang dianjurkan dokter.

Lazimnya, kandungan zat mirip obat pada bahan makanan tersebut mampu meringankan gejala ringan dari suatu penyakit, misalnya mengurangi rasa lelah, nyeri, atau pusing ringan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Hal ini tentu sangat membantu untuk mendukung mengurangi gejala sakit yang dirasakan oleh tubuh.

Makanan alami yang bisa membantu menyembuhkan tubuh saat sakit

Berikut 4 jenis makanan yang bisa membantu menyembuhkan gejala sakit:

1. Jahe

Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

Mengonsumsi berbagai olahan dari jahe saat sedang sakit, ternyata tidak hanya nikmat, namun juga bisa mampu menyembuhkan tubuh, lho.

Jahe merupakan rempah yang cukup sering digunakan sehari-hari yang memiliki berbagai kandungan zat dengan fungsi farmakologis mirip obat.

Beberapa kandungan utama yang ada pada jaha antara lain komponen bioaktif oleoresin, zat anti peradangan, serta zat yang memiliki fungsi detoks pada tubuh.

Ketiga kandungan zat tersebut mampu membantu penyembuhan dalam tubuh dengan mengurangi berbagai gejala yang dirasakan tubuh akibat tubuh sedang sakit.

2. Teh chamomile

Photo Credit: Pexels.com

Pernah mencoba mengonsumsi teh chamomile saat tubuh sedang kurang fit? Teh rempah yang satu ini ternyata bisa membantu mengurangi gejala tubuh yang sedang sakit.

Hal ini disebabkan kandungan antioksidan, jenis terpenoid dan flavonoid, yang tinggi pada bunga kering chamomile, dapat secara efektif mengurangi gejala demam, peradangan, hingga menekan rasa nyeri pada tubuh saat sedang sakit.

Teh chamomile juga bisa dipilih untuk memberikan rasa rileks pada tubuh karena kandungan antioksidanya yang tinggi membantu peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

3. Lidah buaya

Lidah buaya belakangan ini sudah mulai banyak diolah untuk berbagai sajian makanan dan minuman. Anda bisa memilih sajian dari lidah buaya saat sedang sakit, karena lidah buaya mengandung zat antioksidan dan antimikroba yang bisa membantu melawan bakteri atau virus dalam tubuh.

Lidah buaya juga mampu memberikan manfaat berupa melancarkan pencernaan yang membantu fungsi detoks tubuh saat sedang sakit.

4. Minyak zaitun

photo credit: Pexels

Utamakan menggunakan minyak zaitun saat Anda sedang sakit karena minyak zaitun mampu membantu mendukung percepatan penyembuhan tubuh.

Hal ini disebabkan kandungan lemak baik, atau HDL, pada minyak zaitun akan memberi manfaat yang luar biasa untuk mendukung kadar lemak tubuh yang baik hingga mengontrol tekanan darah saat sakit.

Gunakan minyak zaitun pada sajian makanan, misalnya salad, atau sebagai penambah rasa untuk olahan hewani saat sedang sakit.

Nah, itu dia 4 jenis bahan makanan yang bisa membantu menyembuhkan dengan meringankan gejala saat tubuh sedang sakit.

Selain asupan gizi yang cukup dan konsumsi obat sesuai anjuran, kini Anda bisa memilih makanan dan minuman di atas untuk dikonsumsi saat sedang sakit agar tubuh dapat kembali fit seperti sediakala.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi