Tak Disangka, 3 Makanan Sehari-hari Ini Ternyata Kaya Antioksidan!

Doktersehat - Kacang
Photo Credit: Flickr/Steve Williams

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata antioksidan, maka Anda tentu akan ingat pada bahan makanan yang paling banyak mengandung antioksidan, yaitu buah.

Akan tetapi, ternyata Anda bisa lho memperoleh asupan antioksidan dari bahan makanan selain buah.

Bahan makanan ini tentu bisa menjadi pilihan agar asupan antioksidan dalam tubuh semakin banyak dan berkualitas, ya.

sebelum-menggunakan-masker-buah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/
Trang Doan

Lantas, apa saja sih pilihan bahan makanan alami selain buah yang bisa menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh? Yuk sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Mengapa asupan antioksidan menjadi penting untuk diperhatikan?

Sebelum membahas mengapa kita perlu meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh, kita tentu harus tahu dulu apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh dengan adanya asupan antioksidan yang cukup, yaitu:

  • Mendukung kesehatan dan metabolisme sel tubuh yang optimal
    Antioksidan memiliki manfaat yang super untuk mendukung optimalisasi fungsi sel tubuh.Hal ini akan membuat asupan antioksidan yang semakin banyak sehingga akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan semakin banyak sel tubuh. Salah satunya adalah mencegah penuaan dini.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Sel tubuh yang optimal fungsiya akan membuat penyerapan zat dan gizi di dalamnya juga semakin maksimal.

    Photo Credit : www.pexels.com

    Hal ini tentu juga akan bermanfaat untuk tubuh karena manfaat utama yang bisa dirasakan tubuh dengan asupan gizi yang tercukupi adalah kekebalan tubuh yang optimal, utamanya dalam melawan radikal bebas.

  • Mencegah dan melawan kanker
    Radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit, salah satunya kanker.Hal ini tentu membuat asupan antioksidan yang tinggi bisa bermanfaat maksimal untuk mencegah dan melawan paparan radikal bebas dalam tubuh.

Bahan makanan yang meningkatkan asupan antioksidan selain dari buah

Untuk mendapatkan manfaat maksimal tersebut, maka asupan antioksidan harus selalu tercukupi.

Tidak hanya dengan mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap hari, namun juga dari tambahan beberapa bahan makanan selain buah, yaitu:

1. Cokelat hitam

Jika Anda masih sering memilih untuk mengonsumsi cokelat manis, atau cokelat susu, sebagai pilihan camilan atau minuman.

Maka kini gantilah pilihan cokelat yang Anda konsumsi dengan memilih cokelat hitam. Meksipun memiliki cita rasa pahit pada cokelat, Anda bisa mendapatkan asupan antioksidan yang paling tinggi pada cokelat jenis hitam ini.

cokelat-dokrtersehat
Photo Credit: flickr.com

Hal ini disebabkan, kadar kokoa yang tinggi pada cokelat akan membuat kandungan antioksidannya juga semakin tinggi.

Cokelat hitam memiliki kandungan kokoa yang paling tinggi diantara lainnya, sehingga dengan memilih camilan cokelat jenis cokelat hitam maka Anda akan meningkatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

2. Kacang, utamanya jenis pecan

Kacang jenis pecan merupakan kacang yang telah terbukti memiliki kandungan antioksidan paling tinggi diantara jenis kacang lainnya.

Hal ini ditunjukkan dengan suatu studi yang menunjukkan bahwa konsumsi kacang pecan secara rutin dapat meningkatkan kadar antioksidan cukup tinggi dalam tubuh.
doktersehat-kacangKondisi ini tentu wajar mengingat kacang pecan memiliki kandungan antioksidan jenis flavonoid yang terbukti 2 kali lebih tinggi dari kacang jenis almond, mete dan pistachio

Akan tetapi, konsumsi kacang-kacangan selain kacang pecan juga mampu memberikan asupan antioksidan yang baik, ya.

3. Kubis ungu

Kubis ungu seakan kalah populer dengan kubis biasa, ya. Padahal, jika dilihat dari sisi kandungan antioksidannya, kubis ungu tentu memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi, lho.

kubis-merah-doktersehat
Photo Credit: flickr.com/Greg Adams

Hal ini disebabkan kubis ungu memiliki kandungan antioksidan jenis antosianin yang baik untuk kesehatan tubuh. Kubis ungu juga memiliki kandungan vitamin yang baik untuk tubuh, yaitu vitamin A, C dan K.