Terbit: 21 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diet merupakan sebuah metode menurunkan berat badan yang dilakukan dengan cara membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya, orang yang melakukan diet akan mengurangi makanan berlemak dan menggantinya dengan makanan sehat dan alami, seperti sayur dan buah-buahan.

Jangan Konsumsi 4 Makanan Alami ini Saat Diet, Bisa Bikin Gagal!

Sebab, mereka beranggapan kalau makanan alami itu mengandung nutrisi yang akan mempercepat proses penurunan berat badan. Hal itu memang benar, tapi tidak semua makanan alami bisa Anda konsumsi ketika sedang diet.

Ada beberapa makanan alami yang justru bisa menambah nafsu makan dan membuat Anda menjadi lebih gemuk sehingga proses diet menjadi gagal. Lantas, apa saja makanan alami yang bisa menggagalkan diet? Berikut diantaranya.

1. Jagung

Banyak yang memilih jagung ketika sedang diet. Hal itu dikarenakan jagung bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Namun, yang perlu diketahui pula bahwa jagung manis memiliki banyak gula di dalamnya. Padahal, gula sendiri bisa memanggil hormon insulin dan kortisol sehingga produksinya melimpah. Dampaknya, tubuh akan menyimpan kalori sebagai lemak.

2. Kentang Putih

Kentang putih adalah makanan alami yang sering digunakan sebagai menu sarapan bagi orang yang sedang diet. Padahal, kentang putih bisa menggagalkan proses diet itu sendiri. Sebab, ternyata kentang bisa menambah berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan, apalagi kentang itu digoreng dan diberi rasa.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Sayuran Goreng

Pernahkah Anda mengonsumsi sayuran goreng? Jika pernah, rasanya memang sangat nikmat, apalagi diberi bumbu yang menggugah selera. Namun sayangnya sayuran yang digoreng mengandung lemak trans yang tinggi sehingga bisa memicu terjadinya kenaikan berat badan. Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran, pastikan sayuran itu masih segar dan bukan digoreng.

4. Ubi

Makanan alami yang satu ini memang sangat nikmat. Apalagi dihidangkan bersama secangkir teh atau kopi. Namun bagi Anda yang sedang diet, jangan banyak-banyak mengonsumsinya. Sebab, ubi mengandung banyak kalori yang bisa menggagalkan proses diet Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi