8 Makanan Alami untuk MPASI Pertama Anak, Mudah Diperoleh!

MPASI-pertama-anak-doktersehat-3
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Apa bahan makanan yang Anda berikan saat memberikan MPASI pertama untuk anak? Memilih menu makanan untuk MPASI tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Ibu, ya.

Selain harus mulai mengenalkan anak dengan cara dan kebiasaan makan, pilihan makanan, rasa, dan tekstur, semuanya serba baru bagi anak.

Belum lagi, makanan yang diberikan haruslah makanan yang cukup gizi agar mampu mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

Lantas, saja pilihan bahan makanan alami untuk MPASI anak?

Pilihan bahan makanan alami yang bisa dipilih untuk menu MPASI pertama anak

Plus-minus-MPASI-homemade-doktesehat-1
Photo Credit: Flickr.com/thedabblist

Pilihan bahan makanan di bawah ini merupakan makanan yang padat gizi, teksturnya mudah disesuaikan, dan bercita rasa.

Selain itu makanan di bawah ini juga sudah mengurangi risiko alergi pada anak yang mungkin terjadi jika pemilihan bahan baku MPASI kurang tepat.

Berikut pilihan bahan makananya:

1. Labu

Doktersehat - Labu
Photo Credit: Flickr.com/pretty,strange

Labu tinggi vitamin A, C, magnesium, potassium dan mangan yang membuatnya super sehat untuk bahan baku MPASI pertama anak.

Memiliki tekstur lunak, cita rasa manis dan kaya akan kandungan gizi membuat labu cocok dipilih menjadi salah satu bahan baku MPASI yang bisa dikombinasikan dengan lauk hewani atau nabati lainnya.

2. Alpukat

Doktersehat - Alpukat
Photo Credit: Flickr.com/regenlied

Buah alpukat kaya akan vitamin B kompleks, E dan K. Selain itu, alpukat memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang tinggi dan baik untuk asupan gizi anak.

Memiliki tekstur yang yang mudah dilumatkan dan rasa yang enak membuat alpukat bisa menjadi camilan MPASI yang tepat.

3. Pisang

Buah yang satu ini sudah cukup sering dipilih sebagai buah untuk MPASI ya.

Buah pisang kaya akan vitamin C dan mineral, selain itu, buah pisang cocok dikombinasikan dengan buah lain untuk dibuat puree sebagai variasi MPASI anak.

4. Pir

manfaat-buah-pir-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/mali maeder

Selain alpukat dan pisang, buah pir yang kaya vitamin C, cairan, serat dan mineral, juga merupakan pilihan buah yang tepat untuk MPASI anak.

Memiliki rasa yang manis dan segar, membuat buah pir bisa jadi alternatif pilihan buah harian anak.

5. Hati

doktersehat-hati
Hati merupakan lauk hewani yang tidak menyebabkan alergi dan kaya zat gizi, yaitu zat besi, vitamin A, B, asam folat dan zinc.

Tekstur hati yang lembut dan mudah ditelan membuat hati bisa digunakan sebagai lauk MPASI utama atau sebagai finger food anak.

6. Telur

Telur merupakan bahan makanan hewani yang praktis, tinggi protein dan kolin yang penting untuk tumbuh kembang dan otak anak, dan tidak menyebabkan anak alergi.

Anda bisa menyajikan telur urik atau telur rebus untuk pilihan lauk MPASI harian anak.

7. Daging

Porsi-daging-sehari-doktersehat1
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

Daging merupakan makanan berprotein yang tinggi kandungan zat besi, zinc dan vitamin B12 yang bermutu gizi tinggi.

Daging juga jarang menyebabkan anak alergi, sehingga bisa dikenalkan lebih awal agar anak mudah terbiasa dengan rasa dan tekstur daging. Anda bisa menyajikan daging giling dalam MPASI utama anak.

8. Kaldu

doktersehat-tips-sup-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Chris

Menu makanan yang terakhir adalah kaldu. Kaldu untuk MPASI anak bisa dibuat dari rebusan daging atau tulang hewani maupun bawang dan sayur-sayuaran.

Keduanya sama-sama baik untuk MPASI karena membuat MPASI mudah ditelan anak, tetap kaya mineral dan bisa memberi asupan cairan alami bagi tubuh anak.

Anda bisa menambahkan kaldu kental untuk MPASI utama anak, selain bermanfaat, menambahkan kaldu alami juga akan meningkatkan cita rasa MPASI sehingga anak menjadi lebih nafsu makan.?