Selain Jahe, Ini 4 Makanan Alami yang Bisa Hangatkan Tubuh

doktersehat-batas-minum-teh-hijau
Photo Credit: Flickr.com/sk

DokterSehat.Com-Jika sedang kedinginan, baik karena sedeng musim hujan atau adanya cuaca dingin ekstrem seperti beberapa waktu belakangan ini, kita tentu ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memberikan efek hangat bagi tubuh, ya?

Umumnya sebagian besar orang tentu akan memilih jahe sebagai salah satu bahan makanan, atau minuman, yang mampu membantu melawan rasa dingin.

doktersehat-khasiat-jahe-untuk-rambut
Photo Credit: Pexels.com

Ya, jahe memang sudah terkenal dengan khasiatnya yang mampu memberikan sensasi hangat dan rasa nyaman dalam tubuh, namun, tahukah Anda bahwa ada cukup banyak jenis bahan makanan yang juga bisa menghangatkan tubuh kita, penasaran?

Bahan makanan selain jahe yang bisa menghangatkan tubuh

Beberapa bahan makanan yang bisa memberikan efek hangat bagi tubuh, antara lain adalah bahan makanan yang merupakan jenis bumbu dengan sensasi pedas, makanan sumber karbohidrat, minuman teh serta beberapa jenis buah-buahan.

Untuk lebih jelasnya, yuk sama-sama kita simak apa saja bahan makanan yang bisa membantu hangatkan tubuh, di bawah ini!

1. Masakan dengan bumbu lada atau cabai

Mirip dengan jahe, bumbu lada atau cabai bisa memberikan sensasi rasa hangat dalam tubuh. Hal ini disebabkan adanya kandungan zat capsaicin yang disebut mampu membuat peredaran darah dalam tubuh meningkat.
Kondisi ini yang kemudian akan menyebabkan tubuh mendapatkan sensasi hangat.

Akan tetapi, perhatikan bahwa konsumsi bumbu lada dan cabai sebaiknya digunakan secukupnya, mengingat bumbu tersebut memiliki rasa yang pedas dan rentan mengiritasi pencernaan, baik tenggorokan maupun lambung.

Anda bisa menambahkan sedikit taburan bubuk lada atau cabai di atas masakan atau minuman yang akan Anda konsumsi agar sensasi hangat yang Anda rasakan tidak mengganggu pencernaan.

2. Makanan berkarbohidrat, yaitu oatmeal dan nasi merah

Saat mendengat kata oatmeal dan nasi merah, Anda tentu beranggapan bahwa makanan sehat tersebut adalah makanan yang banyak dipilih untuk mendukung kesehatan jantung dan kadar gula tubuh, ya?

Akan tetapi, manfaat dari konsumsi oatmeal dan nasi merah ternyata juga mampu memberikan sensasi hangat dalam tubuh, lho.

doktersehat-oatmeal-topping
Photo Credit: Flickr.com/oksiana

Oatmeal memiliki kandungan beta glukan yang membuat asupan energi dalam tubuh bisa bertahan lebih lama, sedangkan nasi merah memilliki kandungan serat yang tinggi, sehingga energi dari nasi merah akan dipecah lebih lama oleh tubuh.

Hal tersebut yang membuat keduanya menjadi efektif memberi rasa hangat dalam tubuh.

3. Teh hijau

Mencari minuman selain jahe hangat untuk mengusir dingin? Pilih saja teh hijau! Kandungan zat antioksidan yang tinggi pada teh hijau, yaitu polifenol dan katekin merupakan zat yang mampu meningkatkan suhu tubuh.

doktersehat-jenis-teh-hijau-dan-manfaatnya-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com

Katekin dalam teh hijau juga mampu menghambat kerja enzim tertentu yang dapat membuat proses termogenesis dalam tubuh meningkat.

Tentu super nikmat bukan mengonsumsi teh hijau hangat di cuaca yang sedang dingin-dinginnya?

4. Buah-buahan, yaitu apel dan pisang

Buah apel yang kaya akan kandungan serat dan pisang yang merupakan sumber vitamin dan mineral lengkap, merupakan jenis buah yang efektif memberikan rasa hangat dalam tubuh, lho.

Kandungan serat yang tinggi pada buah apel akan mampu mempertahankan energi dalam tubuh, sedangkan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi pada pisang, yaitu vitamin B dan magnesium, terbukti mampu membantu fungsi kelenjar tiroid dan adrenal untuk menghangatkan tubuh.
doktersehat-apel-pisang-dietAnda bisa menngonsumsi buah apel dan pisang secara langsung atau menambahkan potongan apel dan pisang sebagai topping oatmeal.

Kini, apel dan pisang tidak hanya menjadi pilihan buah sehari-hari, namun juga bisa Anda konsumsi saat cuaca sedang dingin, ya?