Cegah Leukimia pada Anak dengan 3 Makanan Alami Ini

manfaat-jeruk-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Belakangan ini, publik sedang menyoroti kabar tentang anak dari salah satu selebriti di Indonesia, yaitu Denada, yang divonis mengalami leukimia di usia yang masih belia.

Hal ini tentu mendapatkan perhatian, dukungan dan harapan dari banyak masyarakat di Indonesia.

Leukimia sendiri adalah salah satu jenis kanker yang memang bisa menyerang anak-anak mulai dari usia 2-14 tahun.

leukimia-doktersehatBanyak penyebab yang bisa mencetuskan terjadinya kanker pada anak-anak, meskipun begitu, untuk kanker darah ini, beberapa studi menyebutkan bahwa penyebab pencetus terjadinya bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi beberapa bahan makanan alami.

Dilansir dari WebMD, suatu studi yang dilakukan di Chicago dan California, membuktikan bahwa asupan beberapa bahan makanan alami yang dikonsumsi rutin sejak anak usia satu tahun dan menjadikannya sebagai pilihan makanan harian, dapat secara efektif menurunkan risiko terjadinya leukimia pada anak-anak.

Zat gizi yang mampu membantu mencegah leukimia pada anak-anak

Kandungan atau zat gizi yang ada pada makanan yang terbukti secara efektif mampu mencegah terjadinya leukimia pada anak adalah:

  • Vitamin C
  • Potasium
  • Zat anti inflamasi dan antibakteri

Ketiga kombinasi zat tersebut terbukti mampu mencegah, melawan hingga menekan paparan atau persebaran sel kanker leukimia pada anak.

Vitamin C sebagai zat gizi yang banyak mengandung antioksidan bisa mengurangi paparan risiko radikal bebas dalam tubuh anak dengan cukup baik, selama dikonsumsi secara rutin.

Sedangkan, potasium merupakan salah satu jenis mineral yang terbukti efektif menekan terjadinya leukimia pada anak, dimana asupan potasium yang baik terbukti membuat anak-anak pada usia diatas 2 tahun hingga 14 tahun memiliki risiko kanker leukimia yang lebih rendah.

Zat anti inflamasi dan antibakteri yang umumnya terdapat pada makanan alami yang banyak mengandung fitonutrien, terbukti memberikan perlindungan pada sel tubuh anak dari paparan radikal bebas dengan cukup baik.

Lantas, apa saja bahan makanan alami yang mampu mencegah leukimia pada anak-anak?

Pakar kesehatan dari University of California at Berkeley, Marilyn Kwan, menyebutkan beberapa bahan makanan alami yang bisa mencegah leukimia pada anak-anak adalah:

1. Buah jeruk

Seperti yang kita tahu, buah jeruk adalah buah yang banyak mengandung vitamin C.

doktersehat-minyak-jeruk-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com/Jessica Lewis

Selain itu, buah jeruk juga memiliki kandungan potasium yang tinggi. Hal ini membuat buah jeruk menjadi pilihan buah dengan kandungan zat gizi yang tepat untuk mencegah leukimia.

2. Buah pisang

Buah yang satu ini tentu cukup familiar untuk dikonsumsi sebagai buah harian anak, ya.

Kandungan potasium yang tinggi pada buah pisang menjadikannya sebagai salah satu bahan makanan alami yang super untuk mencegah terjadinya leukimia pada anak-anak.

manfaat-pisang-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan vitamin C meskipun tidak sebanyak yang ada pada buah jeruk.

3. Kunyit

Kunyit sudah terkenal sebagai salah satu bumbu rempah alami yang memiliki banyak manfaat.

Kandungan zat anti inflamasi dan bakteri yang tinggi pada kunyit membuatnya menjadi senjata ampuh yang bisa mencegah terjadinya leukimia pada anak.

kunyit-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

Kunyit bisa ditambahkan pada berbagai olahan masakan, minuman atau camilan anak agar anak bisa merasakan manfaat kunyit dengan lebih maksimal.

Itu dia tiga jenis bahan makanan alami yang bisa mencegah leukimia pada anak.

Ketiga bahan makanan di atas, umumnya mudah diperoleh dan memiliki rasa yang mudah diterima anak, sehingga tentu cukup mudah untuk menjadikan pilihan bahan makanan di atas sebagai makanan yang dikonsumsi anak-anak secara rutin, bukan?