Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mengalami nyeri di bagian persendian, memang sangat mengganggu, ya. Selain mengganggu gerak tubuh, nyeri sendi juga biasanya perlu mendapatkan penanganan yang tidak sederhana dan cukup memakan waktu.

Mudah Diperoleh, 4 Makanan Alami Ini Ternyata Bisa Atasi Nyeri Sendi

Maka dari itu, selain menggunakan obat-obatan, terapi gerakan, mengatasi nyeri sendi dengan cara mengonsumsi beberapa bahan makanan alami yang dapat mengatasi nyeri sendi, bisa jadi pilihan yang tepat.

Nyeri sendi yang bisa disebabkan karena gangguan pada daerah pada sendi akibat gangguan atau kelainan pada otot maupun bagian sekitar tulang sendi, bisa dibantu pengurangan reaksi bahkan penyembuhannya dengan konsumsi bahan makanan alami dan cukup mudah diperoleh di pasaran.

Penasaran apa saja jenis bahan makanan alami yang dapat mengatasi nyeri sendi? Yuk sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Jahe

doktersehat_manfaat_jahe

Photo Source: Flickr/ Kjokkennutsyr Net

Jahe terkenal dengan manfaatnya dalam memberikan sifat anti inflamasi atau peradangan dalam tubuh. Hal ini tentu sangat membantu untuk mengurangi reaksi, baik berupa nyeri atau meringankan kerja otot disekitar nyeri sehingga kondisinya dapat segera di atasi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Jahe cukup mudah diperoleh di pasaran dan biasanya tersedia di rumah sebagai bumbu masakan harian, sehingga jika Anda sudah merasa mengalami atau muncul gejala nyeri sendi, konsumsi olahan makanan atau minuman dari jahe bisa Anda pilih.

Tips menggunakan jahe untuk mengatasi nyeri sendi:

Gunakan jahe segar maupun bubuk agar fungsi anti inflamasi pada jahe semakin optimal.

Mengonsumsi minuman jahe alami, menambahkan bubuk jahe pada berbagai jenis makanan, minuman, atau camilan, tentu tidak hanya super nikmat, namun juga membantu penyembuhan nyeri sendi Anda, bukan?

2. Kunyit

kunyit-untuk-kulit-doktersehat-1

Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

Bumbu rempah yang khas untuk berbagai masakan Indonesia ini, tentu umumnya tersedia di dapur, ya.

Siapa sangka, mengonsumsi kunyit, utamanya dalam bentuk bubuk yang lebih mudah serap, akan membantu proses penyembuhan nyeri sendi dengan lebih optimal?

Ya, kunyit merupakan salah satu jenis bumbu rempah alami yang telah terbukti mengurangi reaksi nyeri pada hewani uji. Hal ini membuat konsumsi kunyit bisa mengurangi rasa sakit saat tubuh sedang mengalami nyeri.

Tips menggunakan:

Mirip dengan jahe, konsumsi kunyit bisa Anda utamakan dalam penggunaan bumbu masakan, atau menambahkan bubuk kunyit alami pada minuman harian Anda.

3. Lidah buaya

Tidak hanya untuk kecantikan dan alternatif bahan pangan saja, lidah buaya ternyata super bermanfaat untuk mengurangi reaksi peradangan dalam tubuh.

Kondisi ini sangat baik untuk mengurangi terjadinya keparahan nyeri pada sendi sehingga rasa sakit bisa dikurangi dan perlahan di atasi.

Tips menggunakan:
Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk dioleskan pada lokasi nyeri sendi dan mengonsumsi olahan lidah buaya sebagai bagian dari konsumsi makanan harian.

4. Teh hijau

Teh hijau merupakan jenis teh yang super sehat dan super bermanfaat untuk tubuh.

Hal ini tentu saja disebabkan kandungan antioksidan yang super tinggi pada teh hijau, yang kemudian mampu menekan terjadinya inflamasi yang semakin parah pada kondisi sendi yang sedang nyeri.

Beberapa studi lain juga menyebutkan bahwa konsumsi teh hijau secara rutin baik untuk menjaga kesehatan sendi dan tulang.

Tips menggunakan:
Anda bisa mengonsumsi teh hijau tanpa tambahan gula atau teh hijau tawar dalam porsi yang cukup, yaitu 1-2 porsi dalam sehari.

Nah, itu dia 4 jenis makanan alami yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi dan mengatasi nyeri sendi. Konsumsi makanan ini bisa membantu pengobatan nyeri sendi lebih optimal sehingga nyeri sendi dapat segera teratasi, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi