Terbit: 13 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Agar bisa memberikan manfaat kesehatan yang maksimal, banyak orang yang menyebut yoghurt sebaiknya dimakan saat perut kosong. Hanya saja, jika kita cermati, yoghurt memiliki rasa yang sedikit asam. Apakah memang yoghurt tidak apa-apa jika dikonsumsi saat perut masih kosong?

Yoghurt Sebaiknya Dimakan Saat Perut Kosong?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa yoghurt ternyata memang paling baik untuk dikonsumsi sebelum makan atau saat perut masih kosong. Hal ini akan membuat probiotik atau bakteri baik dari yoghurt mampu mencapai usus besar sehingga memberikan manfaat maksimal bagi organ pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika kita mengonsumsi yoghurt setelah makan, banyak dari probiotik ini yang akhirnya mati karena terpapar asam lambung yang diproduksi perut demi mencerna makanan yang sebelumnya kita konsumsi. Hal ini tentu akan membuat manfaat dari yoghurt menjadi kurang terasa. Memang, saat kita tidak makan, produksi asam lambung tetap berjalan, namun, jumlah asam lambung ini tidak banyak sehingga membuat bakteri baik yang masih hidup hingga mencapai usus juga masih banyak.

Hanya saja, anjuran untuk mengonsumsi yoghurt saat perut masih kosong ini juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika kita menderita masalah gastritis atau asam lambung yang kronis, maka ada baiknya kita makan yoghurt saat perut sudah terisi dengan makanan demi mencegah masalah asam lambung. Berilah jeda sekitar satu jam setelah makan demi memberikan kesempatan bagi bakteri baik untuk tetap hidup saat melewati lambung.

Dengan rutin mengonsumsi yoghurt, maka sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh menguat sehingga tubuh pun tidak akan mudah terkena penyakit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi