Kebiasaan Makan Tidak Teratur Bisa Sebabkan Hipertensi

doktersehat-tekanan-darah-tinggi-hipertensi

DokterSehat.Com– Karena berbagai kesibukan, kita cenderung menyepelekan waktu makan dan memilih untuk menundanya hingga urusan kita selesai. Sebagai contoh, karena tak ingin terkena kemacetan, kita memilih untuk tidak mengonsumsi sarapan pagi.

Meskipun kita kemudian makan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan makan tidak teratur ini bisa membahayakan kesehatan. Bahkan, berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Proceedings of the Nutrition Society, dihasilkan fakta bahwa kebiasaan makan tidak teratur bisa meningkatkan risiko hipertensi.

Penelitian yang dilakukan di Diabetes and Nutritional Sciences Division at King’s College, London, Inggris menghasilkan fakta bahwa makan tidak teratur akan meningkatkan berat badan dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh kacaunya ritme sirkadian dan sistem metabolisme tubuh akibat kebiasaan makan tidak teratur.

Masalahnya adalah kekacauan pada sistem metabolisme ini juga akhirnya akan memengaruhi proses penyerapan lemak, kolesterol, dan glukosa. Jika kita juga terbiasa mengonsumsi makanan berlemak atau kaya akan kolesterol, maka dikhawatirkan akan terjadi penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang akhirnya bisa berimbas pada meningkatnya tekanan darah.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi menyepelekan pola makan yang sehat, termasuk dalam hal kebiasaan makan di waktu yang teratur. Dengan makan tepat waktu setiap hari, maka sistem yang ada di dalam tubuh akan berjalan dengan semestinya sehingga mempengaruhi kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan.

Ada baiknya kita juga memilih menu makanan dengan kadar gizi yang seimbang demi mencegah peningkatan tekanan darah. Sebagai contoh, akan jauh lebih baik jika kita mulai menurunkan asupan makanan berlemak dan berminyak namun memperbanyak asupan serat dari sayur dan buah-buahan.

Selain memerhatikan makanan, akan jauh lebih baik bagi kita untuk rajin melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Tak perlu olahraga yang sulit, berjalan kaki, bersepeda, atau berlari sudah cukup untuk membantu kelancaran sirkulasi darah yang tentu bisa mencegah datangnya masalah hipertensi. Selain itu, pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari dan tidak mudah terkena stres.