Terbit: 27 Januari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makanan paling sehat untuk bayi adalah air susu ibu atau ASI. Namun, tidak semua ibu bisa menghasilkan ASI dengan lancar. Selain itu, bayi juga butuh makanan pendamping yang akan memberikan nutrisi ekstra. Berikut beberapa makanan tambahan terbaik untuk bayi yang bisa mendukung tumbuh kembangnya.

7 Makan Terbaik yang Mendukung Tumbuh Kembang Bayi

1. Lentil
Lentil adalah biji-bijian yang memberikan tambahan serat tinggi. Bahan ini bisa dicampurkan dengan sayuran lalu dihaluskan untuk makanan pendamping ASI. Lentil akan melancarkan sistem pencernaan bayi dan tambahan protein.

2. Yoghurt
Yoghurt adalah olahan susu sapi yang difermentasikan sehingga menghasilkan rasa sedikit asam. Dalam yoghurt terdapat banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan khususnya menambah daya tahan dan melancarkan pencernaan.

Bayi yang telah berusia 6 bulan bisa diberi yoghurt yang sebelumnya dicampur buah atau sayur untuk mengurangi rasa asamnya.

3. Sayuran hijau
Aneka sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan kale mengandung banyak zat besi dan folat tinggi. Sayuran hijau bisa diolah menjadi makanan bayi dengan diblender lalu dicampurkan dengan sereal atau nasi yang dilembutkan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

4. Alpukat
Beberapa ibu menghindari alpukat untuk makanan pendamping asing karena dianggap berlemak dan menyebabkan kegemukan. Sebenarnya lemak yang terkandung pada alpukat berjenis tidak jenuh dan komposisinya mirip dengan ASI. Jadi, memberikan alpukat untuk dicampur dengan buah-buahan lain dalam jus bukanlah kesalahan.

5. Daging
Daging sangat baik untuk tumbuh kembang bayi karena mengandung protein tinggi, zinc, dan zat besi. Daging bisa diolah menjadi bubur bersama nasi dan sayur agar bisa dijadikan makanan pendamping ASI.

6. Jeruk
Jeruk bisa diberikan sebagai camilan setelah bayi makan atau minum ASI. Jeruk mengandung Vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan.

7. Blueberry
Blueberry yang memiliki warna biru keunguan karena mengandung flavonoid. Kandungan flavonoid ini sangat baik untuk mata, saluran kemih, dan otak bayi. Blueberry bisa diolah menjadi jus, selai, atau campuran yoghurt sebelum diberikan pada bayi.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi