Terbit: 11 September 2018 | Diperbarui: 4 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tempe sangatlah identik dengan makanan sehari-hari masyarakat Tanah Air. Tak hanya memiliki harga yang terjangkau, tempe memiliki rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Banyak orang yang bahkan mengaku bisa makan tempe setiap hari karena sangat menyukai rasanya. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita makan tempe setiap hari?

Berbahayakah Jika Makan Tempe Setiap Hari?

David Katz, MD dari Yale University Prevention Research Center menyebut tempe sebagai salah satu makanan terbaik bagi kita yang ingin mengganti daging sebagai sumber protein. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar protein, kalsium, dan zat besi di dalam tempe. Selain itu, Cynthia Ratnitz dari Fairleigh Dickinson University juga menyebut tempe sebagai sumber protein nabati yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Bahkan, Cynthia juga menyebut nutrisi di dalam tempe tidak hilang meski dimasak.

Sementara itu, Robert Sorge dari University of Alabama menyebut tempe sebagai makanan yang kaya akan kandungan isoflavon. Kandungan ini bersifat anti peradangan dan anti tumor. Kita bahkan tidak perlu khawatir jika mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering. Sayangnya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Frederic Leroy dari Belgia menyebutkan bahwa jika digoreng, kandungan isoflavon di dalam tempe bisa menurun hingga setengahnya.

Melihat adanya fakta ini, kita memang patut untuk bersyukur karena mudah mendapatkan tempe dengan harga terjangkau setiap hari. Tak perlu ragu untuk sering mengonsumsinya, termasuk makan tempe setiap hari karena bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Hanya saja, ada baiknya kita tidak menambahkan tepung pada tempe atau menjadikannya sebagai gorengan karena bisa membuatnya menjadi kurang sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi