Cegah Stroke dengan Makan Sebutir Telur Setiap Hari

doktersehat-masker-telur

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku tidak berani mengonsumsi telur setiap hari karena berpikir jika makanan ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, sebuah penelitian terbaru justru mengungkapkan fakta bahwa makan sebutir telur setiap hari justru sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari The Sun, mengonsumsi sebutir telur setiap hari mampu membuat kita menurunkan risiko terkena stroke hemoragik yang bisa membuat pendarahan dalam otak hingga 26 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi telur secara rutin.

Dalam penelitian yang dilakukan di Tiongkok ini, 416.000 orang dewasa dilibatkan untuk mengetahui dampak dari konsumsi telur secara rutin. Hasilnya adalah, risiko untuk terkena stroke iskemik, penyumbatan pada darah yang bisa memutus aliran darah ke otak bisa diturunkan hingga 10 persen.

Menurut para peneliti, meskipun memiliki kandungan kolesterol yang tinggi, telur kaya akan berbagai nutrisi menyehatkan, termasuk protein yang bisa mencegah kita makan dengan berlebihan. Hal ini berarti, telur boleh-boleh saja dikonsumsi setiap hari.

Hanya saja, Profesor Tom Sanders dari King’s College London, Inggris justru mempertanyakan hasil penelitian ini. Menurut Sanders, ada baiknya kita juga tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi telur dan mempertimbangkan makanan-makanan sehat lainnya demi menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah datangnya penyakit berbahaya seperti stroke atau penyakit jantung.

Meskipun begitu, hasil penelitian ini membuat banyak penggemar telur lega dan bisa lebih tenang untuk menikmati bahan makanan yang lezat ini.